Keefektifan Model Generative Berbantu Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Narasi pada Siswa Sekolah Dasar

Suci Ramadhani(1*), M. Iskandar(2), Muhammad Akhir(3), Ummu Khaltsum(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v3i1.37045

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefetifan model Generative berbantu gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kec.Mariso Kota Makassar yang ditinjau dari hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau eksperimen (Pre-eksperimen design) dengan desain one-group pretest-postest design.Sampel dan populasi adalah siswa kelas IVA dan IVB UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kec.Mariso Kota Makassar dengan jumlah siswa 20 pada kelas IV A dan 14 kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh.Desain dari penelitian ini adalah quasiexperi mental design dengan bentuk nonequivalent control grup design.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji instrument, dan uji asumsi klasik regresi linear. Data analisis dengan menggunakan stastik deskriptif diketahui nilai rata-rata (mean) pretest pada kelas eksperimen adalah 67,25 sedangkan rata-rata (mean) pretest pada kelas kontrol adalah 63,21. Analisis deskriptif selanjutya yaitu nilai rata-rata (mean) posttest pada kelas eksperimen adalah 81,25 sedangkan rata-rata (mean) posttest pada kelas kontrol adalah 75. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Nilai thitung = 1.895 dan ttabel = 0,3291 maka diperoleh t Hitung > t Tabel atau 1.895 > 0,3291. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model generative berbantu gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis narasi di kelas IV UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kec. Mariso Kota Makassar.

 

Kata Kunci :Hasil Belajar, Media Gambar Seri, Model Pembelajaran Generative.

Full Text:

PDF

References


Andepi. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi dengan Media Gambar Berseri di Kelas VII.2 SMP Negeri 21 Batanghari”. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi

Munib, Achmad. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas NegeriSemarang Press

Santoso, Werdi, Triyono, H.Setyo Budi. (2012). Penggunaaan Media Gambar Seri dalam peningkatan Keterampilan mengarang Vol.1 No.1. Universitas Negeri Surakarta Availableat.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.