Analisis Kekeliruan Penulisan pada Pembelajaran Daring oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v3i1.37039
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bentuk kekeliruan penulisan pada pembelajaran daring siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti mendeskripsikan dan menggambarkan secara jelas tentang kekeliruan penulisan pada pembelajaran daring oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung. Dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik baca dan catat, akhirnya peneliti dapat mengungkapkan kekeliruan penulisan yang dilakukan oleh siswa saat melakukan pembelajaran secara daring. Data penelitian ini diambil dari arsip pembelajaran daring siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada sebanyak 11 data kekeliruan yang dilakukan oleh siswa, hal ini disebabkan karena terdapat fonem yang dihilangkan, serta terdapat juga fonem yang ditambahkan dalam penulisan, Ada pun bentuk kekeliruan lain yaitu disebabkan karena terdapat huruf kapital di tengah kalimat, dan adanya unsur bahasa daerah yang terdapat dalam kalimat.
Kata Kunci: Analisis, Ejaan, Pembelajaran Daring
Full Text:
PDFReferences
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Johan, G. M., & Simatupang, Y. Jr (2017). Analisis kesalahan berbahasa indonesia secara sintaktis dalam proses diskusi siswa kelas iv sdn miri”
Pateda, M (2015). Linguisitik (Sebuah Pengantar). Bandung: Penerbit Angkasa
Prasetya, R. E. (2020). Kesalahan Berbahasa Taksonomi Kategori Linguistik dan Kompetensi Gramatikal Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris pada Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur. Jurnal Serasi, 18(1), 25-33.
Purba, A. (2011). Tindak tutur dan peristiwa tutur. Pena: jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 1(1).
Sultan, S., & Yulianingsih, D. (2020). Klasifikasi Kesalahan Dan Hambatan Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Akademik Pada Mahasiswa Ftk Uin Mataram. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 72-87.
Suryaningsi, D (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas vii mts ddi walimpong kabupaten soppeng. (Skripsi, Universitas Negeri Makassar)
Article Metrics
Abstract view : 116 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.