Analisis Kekeliruan Penulisan pada Pembelajaran Daring oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung

Eka Islamaya(1*), Idawati Garim(2), Andi Fatimah Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v3i1.37039

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk  (1) Mengetahui bentuk kekeliruan penulisan pada  pembelajaran daring siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti  mendeskripsikan dan menggambarkan secara jelas tentang kekeliruan  penulisan pada pembelajaran daring oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tinambung. Dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik baca dan catat, akhirnya peneliti dapat mengungkapkan kekeliruan penulisan  yang dilakukan oleh siswa saat melakukan pembelajaran secara daring. Data penelitian ini diambil dari arsip pembelajaran daring siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Tinambung.  Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada sebanyak 11 data kekeliruan  yang dilakukan oleh siswa, hal ini disebabkan karena terdapat  fonem yang dihilangkan, serta terdapat juga fonem yang ditambahkan   dalam penulisan, Ada pun bentuk kekeliruan lain yaitu disebabkan karena terdapat huruf kapital di tengah kalimat, dan adanya unsur bahasa daerah yang terdapat dalam kalimat.

 

Kata Kunci: Analisis,  Ejaan,  Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Johan, G. M., & Simatupang, Y. Jr (2017). Analisis kesalahan berbahasa indonesia secara sintaktis dalam proses diskusi siswa kelas iv sdn miri”

Pateda, M (2015). Linguisitik (Sebuah Pengantar). Bandung: Penerbit Angkasa

Prasetya, R. E. (2020). Kesalahan Berbahasa Taksonomi Kategori Linguistik dan Kompetensi Gramatikal Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris pada Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur. Jurnal Serasi, 18(1), 25-33.

Purba, A. (2011). Tindak tutur dan peristiwa tutur. Pena: jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 1(1).

Sultan, S., & Yulianingsih, D. (2020). Klasifikasi Kesalahan Dan Hambatan Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Akademik Pada Mahasiswa Ftk Uin Mataram. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 72-87.

Suryaningsi, D (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas vii mts ddi walimpong kabupaten soppeng. (Skripsi, Universitas Negeri Makassar)


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.