Problematik Guru pada Tahap Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Rumah Pada Masa Darurat Covid-19

Muh. Mursyid Rahman(1*), Usman Usman(2), Sultan Sultan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v2i2.26867

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan problematik guru MAN 2 Soppeng pada tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia selama pelaksanaan belajar di rumah masa darurat COVID-19. Data pada penelitian ini berupa problematik pembelajaran yang dialami guru pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia selama pelaksanaan belajar di ruma masa darurat COVID-19. Problematik guru MAN 2 Soppeng pada tahap penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia selama pelaksanaan belajar di rumah masa darurat COVID-19 adalah problematik dalam melakukan penilaian sikap, siswa terlambat atau tidak mengerjakan tugas penilaian pembelajaran, dan tugas atau penilaian yang dikerjakan siswa tidak mampu menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya.

 

Kata kunci: problematik guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Adila, Nur. (2020). “Faktor yang Mememngaruhi Kesulitan Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Gowa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bukran. (2016). Problematika pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 guru SMA kelas X di kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1 (2), 225-239. 1 Agustus 2016. 1 Agustus, 2020. http://jipp.unram.ac.id/ index.php/jipp/article/view/17.

Dabbagh, N., Ritland. B. B. (2005). Online learning, concepts, strategies and application. Ohio: Pearson.

Kristina, Marilin, dkk. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, 4(2), 200-209.

Kustandi, Cecep & Bambang, Sutjipto. (2016). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pusat Bahasa Depdiknas. 2014. Kamus besar Bahasa Indonesia pusat bahasa (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rezky, Muhammad. (2020). Problematik pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 1-13. 1 Agustus, 2020. https://ojs.unm.ac.id/Indonesia/article/view/12394

The Conversation. (2020, 2 Mei). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Diakses pada 1 Agustus 2020, dari https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses- online- belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534


Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.