Ideologi Kapitalisme dalam Buku Teks SMA Kelas XII: Tinjauan Teori Wacana Laclau & Mouffe

Sulqadri Sulqadri(1*), Muhammad Saleh(2), Sultan Sultan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v2i1.22390

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti identitas kewacanaan dalam buku teks kelas XII; (2) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti antagonisme kewacanaan dalam buku teks kelas XII; Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti intervensi hegemonis. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa membaca, mencatat, dan menganalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Melalui piranti Identitas kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan fitur-fitur yang menggambarkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Fitur-fitur tersebut adalah titik simpul atau penanda utama,  momen atau tanda  identitas dan ruang sosial. Pada fitur tersebut ditemukan unsur representasi ideologi kapitalisme. (2) Dalam piranti Antagonisme kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan identitas-identitas yang menunjukkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Identitas yang saling meniadakan tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme. (3) Intervensi hegemonis setiap teks wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII terdapat wacana yang berusaha meredekan antagonisme kewacanaan. Usaha-usaha tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme dalam wacana yang hadir.

 

Kata Kunci: Analisis, Wacana, Kapitalisme


Full Text:

PDF

References


Arlin. (2017). Representasi Kekuasaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 (Analisis Wacana Kritis Fairclough . Skripsi. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas negeri Makassar.

Bachtiar, Akbar. (2015). “Marginalisasi Orang Tidak mampu Dalam Teks Cerpen Buku Siswa Kelas XI SMA (Tinjauan Analisis Wacana Kritis)”. Skripsi. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Jorgensen, Marianne W dan Louise J. Phillips. (2010). AnalisisWacana: Teori&Metode. Diterjemahkan Oleh Imam Suyitno, LilikWahyuni, dan Suwarna. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Khairinnisa, Nur. (2014). Analisis Ideologis pada Struktur Teks Cerita Pendek Dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 SMA Kelas XI (Suatu Pendekatan Kritis). Skripsi. Makassar:Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Kristeva, Nur Sayyid Santoso. (2015). Kapitalisme, Negara, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Laclau, Ernesto dan Chantal Mouffe. (2008). Hegemoni dan Strategi Sosialis. Diterjemahkan oleh Eko Prasetyo Darmawan. Yogyakarta: Resist Book.

Suriadi. (2015). Representasi Ideologi Patriarki Dalam Buku teks Siswa. Jurnal. Bandung. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Tormey, Simon. (2016). Anti Kapitalisme Panduan Bagi Pemula. Makassar: Penerbit Angin.


Article Metrics

Abstract view : 542 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.