Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on the Draw untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Nurdiana Syukur(1*), Ilham Thaief(2), Rahmatullah Rahmatullah(3), Muhammad Hasan(4), Inanna Inanna(5),

(1) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v2i1.20879

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 15 Makassar. Penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas (Classroom action research ) dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa dari kelas kontrol dan 35 siswa dari kelas eksperimen . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan evaluasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan diperoleh skor rata-rata untuk kelas kontrol mencapai 73,00 persen sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 68,57 persen, dan pada kelas eksperimen skor rata-rata mencapai 80,85 persen, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 100 persen. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  ditandai dengan semakin meningkatnya presentase pada kelas eksperimen dan kelas kontrol , secara keseluruhan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Efektivitas ,Kooperatif learning Quick On The Draw, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Banyu, Linggar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Ips 1 Sma Negeri 2 Karanganyar.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lestiyaningsih, herdika Dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Vol 4, No 2 hal 39-48 .

Inanna, rahmatullah. (2018). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat. ISSN. 2598-8018 Hal 21.

Vernando, Eric. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktarina, Rita. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperstive Tipe Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Iv Mi Masyariqul Anwar 4sukabumi Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rini,Andi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mtch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X.1 Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.