Analisis Biaya dan Pendapatan Usahatani Jagung di Desa Labae Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng

Vivi Suyanti(1*), Marhawati Marhawati(2), Agus Syam(3),

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Kewirausahaan, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Kewirausahaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijses.v1i1.15196

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usahatani jagung dan kelayakan usahanya dalam satu kali musim tanam di Desa Labae Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang, penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokomentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis pendapatan, analisis R/C ratio, dan analisis Break Even Point (BEP). Hasil penelitian menunjukkan: pendapatan rata-rata usahatani jagung di Desa Labae Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng dalam satu kali musim panen sebesar Rp 7.373.697, nilai R/C ratio yang diperoleh yaitu sebesar 2,7 yang berarti petani tersebut mengalami keuntungan. Dengan demikian maka usahatani jagung yang dilakukan oleh petani di Desa Labae Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng layak untuk diusahakan oleh para petani.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Sulsel. 2007. Sulawesi Selatan dalam Angka 2006. Makassar: Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

Kune, S. J. (2017). Analisis Pendapatan dan Keuntungan Relatif Usahatani Jagung di Desa Bitefa Kecamatan Miomaffo Timur Kabupaten TTU. Agrimor, 2(02), 23-24.

Lumintang, F. M. (2013). Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Marhawati, (2019). Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahatani Jeruk Pamelo Di Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 2 Nomor 2, Hal. 39-44

Nadir, E. M. (2018). Senarai Penelitian Regenerasi Sektor Pertanian: SDM, SocioAgroTechnoEcology. Deepublish.

Rochani, S. (2007). Bercocok Tanam Jagung. Ganeca Exact.

Suratiyah, K. (2006). Ilmu usahatani. Penebar Swadaya Grup.


Article Metrics

Abstract view : 1078 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.