Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Melalui Media Scrabble

Marwah Faizah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i1.52365

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris melalui penerapan pembelajaran media Scrabble peserta didik kelas XI MIPA 2 UPT SMA Negeri 3 Maros. Penelitian menggunakan  penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan jika aktivitas peserta didik selama pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat secara betahap yang meliputi keaktifan, keberanian, kemandirian, dan keberhasilan. Respon peserta didik terhadap proses pembelajaran semangat baik. Hampir seluruh peserta didik menyatakan senang dengan media permainan scrabble, dan ada peningkatan terhadap penguasaan kosakata dibandingkan dengan sebelumnya. Pembelajaran yang dilakukan guru selama siklus I dan siklus II menunjukkan performance yang baik. Guru mulai menerapkan  metode dan teknik pengajaran yang bervariasi, guru berusaha menstimulus keaktifan dan kekreatifan peserta didik, guru menyajikan pembelajaran bahasa Inggris secara integral, guru tidak hanya berkomunikasi pada tuntasnya suatu materi pelajaran saja tetapi lebih memperhatikan kemampuan penguasaan yang diperoleh peserta didik

 

Kata Kunci: Kosa kata, Bahasa Inggris, Scrabbble


Full Text:

PDF

References


Astuti, D. S., Putra, M. I. R., Wiyanti, S., Rodhi, R., & Sari, D. S. (2019). PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN SCRABBLE. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 180-189.

Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di Era Globalisasi.

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111-120.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Muslih, B. (2020). Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi COVID-19. PENATARAN: Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(1), 57-65.

Rahmawati, P. N., Sulaiman, S., & Siswoyo, A. A. (2018). Pengembangan Media Permainan Scrabble Berbasis Macromedia Flash Untuk Materi Menulis Karangan Sederhana Bahasa Indonesia Kelas III SDN Betiting. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 13-28.

Rijanti, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bercerita Denan Peta Pikiran. Alim, 3(2), 119-126.

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam ilmu pengetahuan di era globalisasi.

Subekti, N. A. (2019). Keberadaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dalam menunjang ilmu pengetahuan di era global. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sunarmintyastuti, L., Suprapto, H. A., Wulansari, L., Sandiar, L., & Sartono, L. N. (2020). Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Scrabble dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 636-640.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.