Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedural Text di kelas VII SMPN 3 Salomekko Kabupaten Bone

Andi Rasida Basar(1*), La Sunra La Sunra(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i1.52140

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis procedural text pada siswa kelas SMPN 3 Salomekko dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 Salomekko berjumlah 29 siswa yang terdiri dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes menulis procedural text, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis procedural text dari segi proses maupun hasil pada siswa kelas VII SMPN 3 Salomekko. Peningkatan kualitas proses dilihat dari peran guru maupun siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan munculnya respons positif melalui sikap kerja sama dan antusias yang ditunjukkan siswa, serta kondisi pembelajaran yang berlangsung dengan kondusif. Peningkatan secara hasil dilihat dari peningkatan skor tulisan procedural text siswa dari siklus I hingga siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 58,1 rata-rata pada siklus I sebesar 71,29, dan rata-rata pada siklus II sebesar 86,55. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 28,45.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Menulis, Procedur Text


Full Text:

PDF

References


Abuddin N. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Agung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, J. (1998). Doing with Understanding: Lessons from Research on Problem and Project-Based Learning. The Journal of the Learning Sciences, 7(3/4), 271-311.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Izard, S. L. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedural Text Oleh Siswa Kelas XI Man I Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 12-16.

Kosasih, E. (2016). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pres.

Priyatni, E. T., & Harsiati, T. (2013). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.