Penerapan Problem Based Learning Metode Draw a Picture dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) SMP Negeri 2 Watampone
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i1.52122
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan metode draw a picture dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Watampone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data melalui menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan (verifikasi data). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Sebelum tindakan dilakukan, hasil tes menunjukkan presentase ketuntasan 12,5% yang tergolong sangat kurang. Sedangkan pada siklus I, hasil tes menunjukkan presentase ketuntasan 57,89% kategori kurang. Pada siklus II, nilai siswa telah mencapai ketuntasan minimal dengan presentase ketuntasan 83,33% kategori baik. Berdasarkan uraian diatas, maka disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan metode draw a picture dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Watampone
Kata Kunci: Problem Based Learning, Draw a picture, Kosakata
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Y. (2011). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Deiksis, 3(04), 354-364.
Arikunto. (2016). Penelitian Tindakan kelas. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Lailiyah, S., & Hariyanti, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah Matematika dengan strategi Draw a Picture.
Majid, A. (2017) Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Rohayati, D. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1(3), 269-280.
Safitri, C. NN. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Strategi Problem Solving Tipe Draw A Picture. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta
Sari, M. P., & Rinjani, D. (2021). The Effectiveness of Learning Method Drawing on The Development Visual Language of Children Picture 6-9 Years (Case Study Elementary School Bandung City). International Journal of Creative and Arts Studies, 8(2), 89-106.
Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127-145.
Article Metrics
Abstract view : 30 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.