Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Nurhasanah Nurhasanah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i1.52043

Abstract


Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan latar belakang masalah, ditemukan bahwa kemampuan kosakata siswa dalam berbahasa Inggris sangat rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Sinjai. Desain dari penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus di mana tiap siklus terhitung dua pertemuan. Durasi penelitian berlangsung selama hampir satu bulan dari tanggal 3 sampai 31 Mei 2023. Tiap siklus dilakukan dalam empat tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 9 Sinjai tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 16 orang, namun pengambilan data penelitian bersumber dari 12 siswa karena 4 siswa tidak hadir. Siswa di kelas VIII-A mayoritas memiliki kemampuan kosakata yang “rendah”, artinya hanya sebagian kecil yang memiliki kemampuan menonjol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pre test siswa adalah 42.3 dan nilai rata-rata hasil post test siswa setelah siklus 1 sebesar 52.04. Jika berpatokan pada nilai KKM bahasa Inggris yang telah ditetapkan yakni 73, maka tidak ada siswa yang mencapai nilai tersebut. Hanya terdapat 3 siswa yang mencapai nilai KKM pada pre test namun nilai mereka menurun pada post test 1. Sedangkan setelah siklus 2, data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68.72. Terdapat 7 siswa yang nilainya tuntas bahkan melebihi KKM, sedangkan 5 siswa lainnya belum berhasil. Bila persentase siswa yang mencapai KKM ditargetkan sebesar 80%, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah tidak dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa.  

 

Keywords: Kosakata, Bahasa, Inggris, Metode

Full Text:

PDF

References


Ellis, R. (2003). Task-Based Language Learning and Teaching. Cambridge University Press.

Ghufron, M. A., & Ermawati, S. (2018). The Strengths and Weaknesses of Cooperative Learning and Problem-based Learning in EFL Writing Class: Teachers and Students’ Perspectives. International Journal of Instruction, 11(4), 657-672.

Gordany, Yahya. (2012). The effect of the integration of corpora in reading comprehension classrooms on English as a Foreign Language learners' vocabulary development. Computer Assisted Language Learning - COMPUT ASSIST LANG LEARN. 26. 1-16. 10.1080/09588221.2012.685078.

Hadi, M. S., & Izzah, L. (2018). Problem based learning (PBL) in teaching English for students of primary school teacher education department. English Language in Focus (ELIF), 1(1), 45-54.

Ng Chin Leong, P. (2009). The power of problem-based learning (PBL) in the EFL classroom. Polyglossia, 16(2), 41–48.

Schmitt, N. (2000). Vocabulary In Language Teaching. Cambridge. UK: Cambridge University Press.

Schwartz, P. (2013). Problem-based learning. Routledge.

Shin, M. H. (2019). Study of English teaching method by convergence of project-based learning and problem-based learning for English communication. Journal of the Korea Convergence Society, 10(2), 83-88.

Yew, E. H., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: An overview of its process and impact on learning. Health professions education, 2(2), 75-79.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.