Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android ABA-VB Cards Untuk Melatih Bahasa Reseptif Dan Ekspresif Siswa Autis di SD Madania Makassar

Asriani Asriani(1*), Mustafa Mustafa(2),

(1) SD Madania Makassar
(2) Department of special education, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47369

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan gambaran tentang kebutuhan media bimbingan belajar berbasis aplikasi android ABA-VB cards untuk mengembangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak autis di SD Madania Makassar, (2) Mengetahui hasil desain aplikasi ABA-VB berbasis android untuk mengembangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak autis di SD Madania Makassar, (3) Mengetahui validitas dan kepraktisan aplikasi ABA-VB Cards berbasis android terhadap guru pada siswa autis di SD Madania Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development, Penelitian ini dilakukan melalui tujuh tahapan utama, yaitu, (1) Penelitian awal dan pengumpulan informasi (research and information collecting), (2) Perencanaan (planning), (3) Penyusunan format model awal (develop preliminary form of product), (4) melakukan uji coba tahap awal (preliminary field testing), (5) melakukan revisi model utama (main product revision), (6) melakukan uji coba lapangan model utama (main field testing), (7) melakukan revisi model operasional (Operational product revision). Pengujian produk aplikasi yang divalidasi oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media dan penyebaran media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan distribusi skor dan kategori skala yang telah ditentukan. Hasil validasi media pembelajaran adalah: (1) Ahli materi menilai sangat layak dengan presentase sebesar (85,7%). (2) Ahli media menilai sangat layak dengan presentase sebesar (84,0%). Berdasarkan hasil tersebut maka Aplikasi ABA-VB Cards yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media bimbingan belajar untuk melatih bahasa reseptif dan ekspresif bagi siswa autis di SD Madania Makassar.

Kata kunci: Aplikasi Media Pembelajaran, Android, Bahasa Reseptif dan Ekspresif


Full Text:

PDF

References


Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi Keterampilan Menyimak terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44.

Hasiana, I. (2020). Studi kasus anak dengan gangguan bahasa reseptif dan ekspresif. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 59-67.

Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89-97.

Kania, Y. R., & Damri, D. (2019). Efektivitas Pendekatan ABA/VB dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif (Intraverbal) Anak Autisme di SDIK Makkah. Pakar Pendidikan, 17(2), 81-93.

Lubis, F., & Suwandi, J. F. (2016). Paparan Prenatal Valproat dan Autism Spectrum Disorder (ASD) pada Anak. MAJORITY, 5(3).

Mutia, F. (2011). Kemampuan anak autis menyerap informasi melalui proses belajar di sekolah inklusi. Jurnal Palimpsest, 2(2), 1-10.

Nugraheni, SA. 2012. Menguak Belantara Autisme. Buletin Psikologi Vol 20 No 1-2.

Nurita, B. B., & Saragih, A. H. (2015). Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.

Widodo, A., Rahmatih, A. N., Novitasari, S., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 145-154.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.