Pengembangan Modul Kecakapan Hidup Terhadap Anak Tunagrahita Ringan Di Upt Slb Negeri 1 Bantaeng

Bahariah Bahariah(1*), Bastiana Bastiana(2),

(1) SLB Negeri 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan
(2) Department of special education, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47368

Abstract


Yang menjadi  tujuan pokok dari penelitian tersebut adalah meningkatkan bentuk urgen / bahan Pembelajaran kepandaian untuk reterdasi mental di UPT SLBN 1 Bantaeng dilahirkannya modul bagi pedoman pendidik, untuk diperkenalkan modul ini di SLB. Penelitian dilakukan di UPT SLB Negeri 1 Bantaeng memakai negosiasi research and Development (R&D). Metode penarikan sampling dengan cara purposif. Cara penghimpunan bukti yaitu pemantauan, interviu dan diskusi terstruktur sesama pendidik, orang tua peserta didik, dan pengawas SLB. Telaah bahan dilaksanakan dengan cara menggambarkan untuk mengurutkan, mengatur mengelompokkan bahan sehingga mampu memaparkan bagian yang diamati. Produk yang diperoleh dari penelitian bagi pengembangan model substansi pelatihan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental dilaksanakan lewat: (a) mendalami teori yang berhubungan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental, (b) mendalami GBPP bina diri bagi anak retardasi mental, (c) mengenali visi, misi dan lingkungan sekolah, (d) mengenali keinginan orang tua, dan (e) mengenali kesanggupan dan kemampuan peserta didik. Observasi ini juga sudah melahirkan buku pedoman pendidik dan sudah divalidasi oleh ahli media, dan materi materi dari staff akademisi di bidang pembelajaran anak retardasi mental, kepala sekolah dan dewan guru SLB, serta sudah dikenalnya modul ini ke beberapa SLB di Bantaeng.Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli terhadap modul kecakapan hidup pada anak tunagrahita seluruh ahli yaitu ahli materi dan ahli desain memperoleh hasil akhir dari kevalidan mendapat71,5% keadaan ini masuk dalam ukuran nilai B( 60%-79%) dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunanakan untuk pembelajaran dikelas

 

Kata Kunci :  modul keterampilan hidup; anak retardasi mental


Full Text:

PDF

References


Alimin, 2011. Z. (n.d.). Model Pembelajaran Anak Tunagrahita {Intellectual Disability) Melalui Pendekatan Konseling. 11.

Apriyanto, Nunung. 2012 Seluk Beluk Tunagrahita &Strategi Pembelajarannya . Yogyakarta: Javalitera.

Ardha, R. Y. (2017). Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Di Seolah Dasar Inklusif 18, 5.

Ashman.A.and Elkins.J.1994. Educating Children With Special Needs.New York: Prentice Hall

Aulia, F. (2017). Pengembangan Life Skills Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Karir. 2(2), 7.

Dumillah Ani Retno, 2020. Program Pendidikan Kecakapan Hidup (life skills) Sebagai Strategi Intervensi dalam perspektif pembangunan sosial di Indonesia Jurnal E-Plus Vol 5 No 2 (Online) https://jurnal untirta.ac.id/index/.php/E-Plus/article/view/9250/6028.

Kurnia,2016. M. (n.d.). Efektifitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keripik Pisang Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. 6.

Lail, V. A., Yuwono, M.Pd, Dr. J., & Sidik, M.Pd, S. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Anak Tunagrahita Sedang Tingkat SMALB DI SKH AL-IHSAN 02 Kota CILEGON BANTEN (Studi Kualitatif Deskriptif Melalui Kegiatan Pembuatan Telur Asin). UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 3(2). https://doi.org/10.30870/unik.v3i2.5315

Moh, Amin. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.

Mufidah, 2019. C. I. (n.d.). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetesi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 DI SMKN 10 Surabaya 17.

Mumpuniarti, 2000. Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian dari segi Pendidikan Sosial Psikologi dan Tindak Lanjut Usia Dewasa . UNY : Yogyakarta.

Nursafitri, A. D., Balqis, F., & Suryadi, M. D. E. (2020). Penerapan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 100. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p100-103

Pratiwi, 2012.N. A. (n.d.). DiajukankepadaUniversitasNegeri Surabaya UntukMemenuhiPersyaratanPenyelesaian ProgranSarjanaPendidikanLuarBiasa. 10.

Rina, 2020. Pendidikan Keterampilan Hidup (life skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Tematik Vol 6 No 2 (Online), https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/15473/9410.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Sari, 2017. Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB N Purwakarta), Jurnal Unpad Vol 4 No 2 (Online) https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/14273/6900


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.