Pengaruh metode pembelajaran isyarat jari terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah murid tunarungu

Nurdayati Nurdayati(1*), Usman Bafaddal(2),

(1) SLB Negeri 1 Makassar
(2) Department of Special Education, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47353

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran isyarat jari dan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada siswa tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen semu. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumenasi dan instrument tes. Penelitian ini menggunakan desain “Pre- Experimental Design” jenis One-Group Pretest-Posttest Design’. Dengan Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji – U atau Mann Whitney U-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan murid tunarungu dalam mengenal huruf hijaiyah masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai yang diperoleh murid pada saat pre (2) Penerapan metode isyarat jari yang dilakukan secara berulang ulang dan secara rutin dapat lebih mempercepat kemampuan mengenal huruf hijaiyah abjad jari pada siswa tunarungu. (3) Kemampuan murid dalam mengenal huruf hijaih setelah diberikan perlakuan yakni setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan metode isyarat jari semakin meningkat, ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes yang diperoleh setiap murid. (4) Dari Tabel Mann-Whitney yaitu Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci: Metode isyarat jari; huruf hijaiyah; agama islam; tunarungu


Full Text:

PDF

References


Faradisya, Popy Purna, and Asep Ahmad Sopandi. 2019. “Mengenal Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Tunarungu Melalui Bahasa Isyarat Arab.” Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development 2 (1): 51–57.

Haenudin. 2010. “Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu.” Yogyakarta: Bumi Aksara.

Laskita, N. 2012. “Belajar Bahasa Isyarat Untuk Anak Tunarungu (Menengah.” Yogyakarta: Javalitera.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. “Landasan Psikologi Proses Pendidikan.” Bandung: PT Rosda Karya

Suhati, Cakra, Marmawi. R, and Sri Lestari. 2014. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (9): 1–14.

Sagala. 2010. “Konsep Dan Makna Pembelajaran.” Bandung: Afabeta.

Supena, Asep. 2021. “Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Implementation of Inclusion Services for Children with Deaf Special Needs.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5 (1): 124–37.

Uniasih. 2019. “Pengaruh Media Alphabet Finger Sign Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu.” Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang.

Yuliansyah. 2018. “Penggunaan Metode Abjad Jari Dan Bahasa Tubuh Serta Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di SLB Negeri Musa Rawas.” Al-Bahtsu 3 (1): 73–91.

Wena, M. 2010. “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.” Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.