Analisis Kendala Pembelajaran Daring Murid Autis Kelas V Di Sd Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar

Sari Pertiwi(1*), Syamsuddin Syamsuddin(2),

(1) UPT SPF SD Inpres Bira 1, Sulawesi Selatan
(2) Department of special education, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47349

Abstract


Tujuan penelitian ini 1)Untuk memberikan gambaran kendala apa yang alami murid autis dalam pembelajaran daring 2)Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami murid dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring bagi murid autis tidak berjalan efektif seperti yang diharapkan sebab setiap murid autis memiliki permasalahan yang berbeda-beda, murid autis masih kesulitan, konsetrasi yang mudah terganggu dan orang tua yang bekerja. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami murid autis dalam pembelajaran daring yaitu memfasilitasi guru dan siswa seperti penggunaan aplikasi Microsoft teams penyediaan wifi dan bantuan pulsa untuk guru. Kemudahan bagi murid autis yang tidak mampu mengikuti pembelajaran daring supaya datang ruang inklusi sekolah untuk menerima pembelajaran.

Kata Kunci: Kendala anak Autis, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Bilfaqih, Y dan Qomarudin, N. 2015. " Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring." Yogyakarta: DEEPUBLISH

Djaswadi. 2021. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Journal Of Industrial Engineering & Management Research, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiema

Fadlurrohim, Ishak. dkk. 2019. " Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. " Jurnal Pekerjaan Sosial. Volume 2 no.2. ISSN 2620-3367 http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/download/26235/12729

Ita, E. (2019). Konsep Sistem Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 186-195.

Mz, A. B., & Hamid, A. (2020). Kesiapan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Daring Selama Pandemi COVID-19 Di Smk Antartika 2 Sidoarjo.

Nashihin, H., Efendi, R., & Salmiyatun, S. (2020). Pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 20-32.

Ramadhani, S. P., & Supena, A. (2020). Persepsi Orangtua dan Guru terhadap Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19 terhadap Anak Speech Disorder Usia 8 Tahun di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1267-1273.

Rasidi, M.A., H, Nurrusmi & M. Sobri. 2021. " Hambatan Guru dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Kelas V MIN 2 Kota Mataram." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol VIII No. 2 July 2021. 159-174. ISSN 2354-9580 http://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174

Riftiani, M. (2019). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Disorder (ADD) di Lembaga Pusat Bimbingan Anak Autis Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.