Pengembangan Media Video Bimbingan Kelompok Berbasis Tudang Sipulung Untuk Meningkatkan Budaya Sipakainge Di Smp Negeri 11 Maros Baru
(1) Smp Negeri 11 Maros Baru, Sulawesi Selatan
(2) Department of Guadiance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47278
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) Bagaimana gambaran kebutuhan media video bimbingan berbasis tudang sipulung sebagai media BK dalam meningkatkan budaya sipakainge di SMP Negeri 11 Maros Baru. (2) Bagaimana prototipe media video bimbingan berbasis tudang sipulung dalam meningkatkan budaya sipakainge siswa di SMP Negeri 11 Maros Baru. (3) Bagaimana validitas dan kepraktisan video bimbingan berbasis tudang sipulung dalam meningkatkan budaya sipakainge siswa di SMP Negeri 11 Maros Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang tahapan pelaksanaan merujuk pada tahapan penelitian Borg dan Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Terdapat siswa yang memiliki masalah dalam budaya sipakainge sehingga media video bimbingan kelompok ini menjadi satu prodak yang dibutuhkan. (2)Prototipe media video bimbingan kelompok dibuat dalam bentuk Mp4 dilengkapi dengan panduan penggunaan. (3) Validitas dan kepraktisan melalui uji validasi terhadap dua orang ahli, uji coba produk awal menunjukkan respon yang baik dengan nilai yang tinggi, dan hasil tanggapan siswa dan guru dalam uji coba kelompok kecil menggambarkan respon positif dengan hasil yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa media ini diterima dan dapat digunakan sebagai media bimbingan kelompok siswa SMP Negeri 11 Maros Baru.
Kata Kunci : Video; bimbingan kelompok; budaya sipakainge
Full Text:
PDFReferences
Borg, Water .R & Gall.Meredith.D.2003. Educational research : an introduction. America Dilla Octavianingrum, 2016, Pengembangan media audio visual sparkol videoscribe dalam pembelajaran mengelola pertemuan/ rapat di lembaga pendidikan profesi (lpp) ipmi kusuma bangsa Surakarta jurusan administrasi perkantoran, Masters
thesis, Universitas Sebelas Maret.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur
melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2),
-178.
Halima, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2021). Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi:
Sebuah Nilai Budaya Untuk Upaya Pencegahan Bullying Dengan Memaksimalkan
Peran Bystander. Indonesian Psychological Research, 3(2), 82-90.
Kusnadi, E. (2017). Bimbingan dan Konseling Islam Instrumen dan Media dalam
Layanan Bimbingan dan Konseling.JIGC (Journal of Islamic Guidance and
Counseling), 1(1).
Muhammad Ilham Bakhtiar, 2015, Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, Vol.1 Nomor 2 Desember 2015. Hal 150-162
Nina Firiani. 2019. Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik di sekolah dasar, Tunas Bangsa, Vol 6 No. 1 2019.
Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Persepsi Peserta Didik Pada Media
Powerpoint Dalam Google Classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 18-
Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan
karakter bangsa. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-79
Widyanti, F. 2008. Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir di Sekolah Dasar dengan Permainan Tradisional. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Yusuf, R. R., Abdjul, T., & Payu, C. S. (2023). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Bahan
Ajar Berbantuan Google Sites pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Ideas:
Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 199-208.
Article Metrics
Abstract view : 89 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.