Pengembangan Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai

Hasan Lambause(1*), Farida Aryani(2),

(1) Universitas ompotika Luwuk Banggai Sulawesi Tengah
(2) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47267

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana kebutuhan keterampilan perencanaan karir siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai untuk ditingkatkan melalui media video edukasi? 2) bagiamana prototipe video pembelajaran seperti apa yang dapat digunakan untuk membantu siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai lebih mahir merencanakan karir? 3) bagaimana validitas dan kepraktisan media video untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir SMA Negeri 2 Luwuk Banggai?. Model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti untuk penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Data analisis kebutuhan, validitas data, dan data kepraktisan merupakan tiga kategori instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisis angket kebutuhan, analisis angket validitas, dan analisis angket kepraktisan merupakan metode analisis data yang digunakan. Berdasarkan uji akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, dan kegunaan, temuan penelitian menunjukkan bahwa media video dan buku panduan pendidikan yang dikembangkan valid dan dapat digunakan untuk memberikan layanan informasi perencanaan karir di SMA Negeri 2 Luwuk Banggai.

Kata Kunci : Video Edukasi; meningkatkan perencanaan karir


Full Text:

PDF

References


Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran

fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225-240.

Hastuti, E. N. P. D., & Utami, R. D. (2019). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk

Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta).

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling

Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir.Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan

Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan

perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Kamila Adyna Nur, Najlatun Naqiyah. 2016. Pengembangan Video Animasi Jendela Karir berbasis Flash Player pada Layanan Informasi Perencanaan Karier di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BK Unesa, Vol. 6, No. 3.

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development R&D). Bandung, h.752

Nasution, H. (2019). Perencanaan karir mahasiswa setelah wisuda

pascasarjana. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(1), 1-

Putra, B. J. (2021). Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Al-

Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30-38.

Utami, S. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan

Informasi Karir Menggunakan Aplikasi Google Classroom Siswa Kelas Xii Mipa 3 Sma Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan

Konseling Borneo, 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.