Pengaruh Teknik Bibliokonseling terhadap Psychological Well-being Siswa di SMP Negeri 20 Makassar

Gusti Ayu Rukmini(1*), Abdul Saman(2),

(1) SMP Hang Tuah Makassar
(2) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47266

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) psychological well-being siswa di kelas VIII SMP Negeri 20 Makassar sebelum diberikan teknik bibliokonseling (ii) gambaran psychological well-being siswadi kelasVIII SMP Negeri 20 Makassar setelah diberikan teknik bibliokonseling (iii) pengaruh teknik bibliokonseling terhadap psychological well-being siswadi kelasVIII SMP Negeri 20 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi-experimental design dengan dalam bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket yang di buat berdasarkan aspek-aspek kepercayaan diri yang merupakan teori dari Ryff (dalam wells 2010) dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) psychological well- being siswadi kelasVIII SMP Negeri 20 Makassar setalah diberikan teknik bibliokonseling berada pada pada kategori sangat rendah, (ii) psychological well-being siswadi kelasVIII SMP Negeri 20 Makassar setelah diberi teknik bibliokonseling mengalami perubahan secara signifikan menjadi kategori tinggi, (iii) teknik bibliokonseling berpengaruh terhadap psychological well-being siswadi kelasVIII SMP Negeri 20 Makassar.

Kata Kunci: Bibliokonseling, Psychological Well-Being, Siswa


Full Text:

PDF

References


Dina Hanifa. 2019. Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ma Al Asror. Skripsi , Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Edmawati, M. D. (2020, September). Strategi Konseling Kelompok Dengan Teknik Cbt Berbasis Daring

Untuk Meningkatkan Psychological Well Being Siswa Di Tengah Pandemi Covid-19.

In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Pp. 99-106).

Fridayanti, F., Kardinah, N., & Fitri, T. J. N. (2019). Peran workplace well-being terhadap mental health:

Studi pada karyawan disabilitas. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 191-200.

Fendahapsari. 2012. Teknik Bibliokonseling Untuk Pelatihan Kecerdasan Sosial, Palangka Raya: Universitas Palangka Raya

Hairunnisa. 2017. Bibliokonseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja di Taman Baca Masyarakat Cakruk Pintar Nologaten Yogyakarta : Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Sunankalijaga Yogyakarta.

Madihah. (2019). ibliokonseling sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Seorang Siswi di Mts Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Novita, KR, Sugiharto, DYP, & Anni, CT (2017). peningkatan Kemampuan Prososial Siswa Melalui Layanan Informasi dengan Teknik Biblioterapi. Jurnal Indonesia Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi , 6 (4)

Pettersson, C. (2018). Psychological well-being, improved self-confidence, and social capacity: bibliotherapy from a user perspective. Journal of Poetry Therapy, 31(2), 124–134.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.