Analisis Kisah Sukses Bisnis Online Wirausaha Muda (Studi Kasus Terhadap 2 Pengusaha Muda Sukses Di Makassar)

Isda Damayanti(1*), Abdullah Sinring(2),

(1) SMP Negeri 1 Pa'jukukang, Sulawesi Selatan
(2) Department of Guadiance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47265

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran pelaku bisnis online, (2) Mengetahui faktor yang melatarbelakangi kesuksesan pengusaha muda, (3) Mengetahui tantangan pengusaha muda selama merintis bisnis online, (4) Mengetahui peran interpersonal skills dalam membantu agar meraih sukses bisnis online. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pelaku bisnis online. Owner Muf Indonesia memiliki usaha yang bergerak dibidang Konveksi, Sablon Kaos dan Merchandise di Makassar yang menyediakan Cloting Brand, Kaos Event, Seragam Kantor, PDH, Corporate Merchandise, Souvenir dan lain lain. Sedangkan owner DOMAMI memiliki usaha yang bergerak dalam bidang makananan. (2) Faktor yang melatarbelakangi kesuksesan pengusaha muda. Owner Muf Indonesia memiliki Faktor Internal; keinginan untuk terus belajar, adanya keinginan dari dalam diri dan kebutuhan akan kebebasan dalam mencari penghasilan sedangkan owner DOMAMI memiliki Faktor Internal; keinginan untuk terus belajar serta adanya keinginan dari dalam diri. Dari segi Faktor Eksternal, kedua owner memiliki faktor yang sama; dukungan keluarga dekat dan kerjasama anggota tim. (3) Tantangan pengusaha muda selama merintis usaha. Owner Muf Indonesia memiliki tantangan; restu orangtuanya dan masa pandemic covid-19 sedangkan Owner DOMAMI memiliki tantangan; rendahnya minat customer di awal merintis usahanya, kurangnya anggota tim, tugas sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. (4) Peran Interpersonal Skills dalam membantu meraih sukses bisnis online. Owner Muf Indonesia memiliki kemampuan berinisiatif, memberikan dukungan emosional terhadap orang lain dan kemampuan mengatasi konflik. Sedangkan owner DOMAMI memiliki kemampuan bersikap asertif, memiliki sikap terbuka dan kemampuan memberikan dukungan emosional kepada orang lain.

Kata kunci: Kisah Sukses; Bisnis Online; Pengusaha; Interpersonal Skill


Full Text:

PDF

References


Adnan, H. (2014). An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 133–148.

Armiati. (2013). Bisnis Online Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Journal of Economic and Economic Education.

Diandra, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Softskill Dalam Berwirausaha. Seminar Nasional Ekonomi, 97–102. 6

Egabetha Amirah Yudhaputri. (2020). Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan SDM Unggul Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Administratif Profesional, 1(2), 1–7.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338.

Laurentius, L. Y. (2013). Pentingnya Aktualisasi Keterampilan Interpersonal Demi Menciptakan Organisasi yang Efektif. International Journal of Humaniora, 4(2), 835.

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan

kepuasan pelanggan pada rumah sakit swasta di kota denpasar.Jurnal

Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(2), 135-142.

Mulyani, E. (2022). Analisis Entrepreneur Interpersonal Skills Berbasis Kearifan Lokal

Gusjigang (Studi Kasus Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus) (Doctoral

dissertation, IAIN KUDUS).

Utomo, H. (2012). Kontribusi soft skill dalam menumbuhkan jiwa

kewirausahaan. Among Makarti, 3(1).

Widiastari, S. (2018). Pengaruh Bisnis Online dan Pengembangan Karir Individu Terhadap Distributor Multi Level Marketing Shopie Paris. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi, 21, 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 1523 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.