Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Kelompok Outbond untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

St Fatima Azzahra(1*), Sahril Buchori(2),

(1) MTsN 1 Kota Makassar
(2) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47247

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan buku panduan bimbingan kelompok outbound untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui prototipe buku panduan bimbingan kelompok outbound  dan (3) Untuk mengetahui tingkat validasi Buku Panduan Bimbingan Kelompok Outbound  untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan buku panduan bimbingan kelompok outbound  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sangat dibutuhkan oleh Guru BK dan peserta didik hal tersebut ditunjukkan dengan kurangnya motivasi belajar siswa, pelaksanaan bimbingan kelompok yang hanya dilakukan di dalam ruangan dan kondisi lokasi pondok pesantren yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan outbound, (2) prototype buku panduan bimbingan kelompok outbound  merupakan media yang dirancang dalam bentuk buku yang berisi panduan pelaksanaan bimbingan yang memanfaatkan dinamika kelompok dalam bentuk permainan yang dilakukan diluar ruangan sebagaimana konsep  yang diusung oleh mentri pendidikan dan kebudayaan yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa karena di dalam buku panduan tersebut terdapat aspek-aspek yang di terapkan dimana aspek tersebut merupakan beberapa faktor yang meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) buku panduan bimbingan kelompok outbound memiliki nilai uji kegunaa, uji kelayakan dan uji ketepatan yang cukup baik. sedangkan untuk uji keberterimaan terhadap satu orang praktisi bimbingan konseling berada pada katergori tinggi dan untuk 10 orang peserta didik diperoleh katergori tinggi sehingga buku panduan bimbingan kelompok outbound  dinyatakan valid dan praktis untuk dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Bimbingan kelompok; Outbound; Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Ayurinanda, A. R. (2018). Outbound Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix Tahun Ajaran 2014/2015 Smp Muhammadiyah 3 Depok. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 1–19.

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78.

Borg, W.R and Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction 4 th Edition. London: Longman Inc.

Falah, N. (2015). Efektivitas Out Bound Sebagai Metode Pembelajaran (Studi Pada Out Bound Mahasiswa Jurusan Bki Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 11(1), 53–74

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-29.

Novisantriani, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Outbound Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Ii Di Mi Nw Badrussalam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 20019/2020. 21(1), 1–9.

Noble, C., Sala, G., Peter, M., Lingwood, J., Rowland, C., Gobet, F., & Pine, J. (2019). The impact of shared book reading on children’s language skills: A meta-analysis. Educational Research Review, 28(September), 100290.

Rista, K., &, & Ariyanto, E. A. (2018). Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(02), 139–140.

Slamet, R., Rochmanudin, & Narni. (2016). Materi Layanan Klasikal Bimbingan & Konseling untuk

Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children’s transfer of information from picture books to real-world contexts. Frontiers in Psychology, 9(FEB), 1–14.

Yashak, A., Ya Shak, M. S., Tahir, M. H. M., Shah, D. S. M., & Mohamed, M. F. (2020). Faktor Motivasi Teori Dua Faktor Herzberg dan Tahap Motivasi. Sains Insani, 5(2), 65–74.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.