Evaluasi Pelaksanaan Layanan Klasikal di SMA

Nur Aisyah Noviani(1*), Kustiah Sunarty(2), Syamsul Bachri Thalib(3),

(1) SMPN 10 Makassar
(2) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(3) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47241

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian untuk 1) Mengidentifikasi dan menjabarkan faktor yang mendukung dan menghambat layanan klasikal di SMAN 16 Makassar.2) Mengidentifikasi keberadaan indikator kesesuaian kriteria komponen konteks dan input dalam penyusunan program layanan klasikal. Subjek penelitian 2 orang Guru BK. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator pada komponen konteks, asesmen kebutuhan, tujuan program layanan klasikal, dan rancangan program layanan klasikal. Pada komponen input, rasio guru BK, kualifikasi guru BK, sarana prasarana,materi, metode, media, serta anggaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari segi komponen konteks semua indikator menunjang dalam program layanan klasikal, dari indikator assesmen kebutuhan, dan tujuan layanan klasikal. Pada indikator rancangan layanan klasikal juga sudah menunjang. Pada komponen input, indikator yang paling menunjang indikator sarana dan prasarana serta anggaran dalam program layanan, kualifikasi guru BK, materi, metode dan media juga sudah menunjang, sedangkan indikator rasio guru BK di SMAN 16 Makassar hanya berjumlah dua orang yang aktif sehingga guru BK tidak melaksanakan layanan klasikal secara rutin di setiap kelas. Guru BK hanya memberikan layanan klasikal pada kelas X sedangkan kelas lain hanya pada saat jam kelas kosong, inilah yang menghambat pelaksanaan layanan klasikal, rasio konseli dengan guru BK 2 : 1018 dengan siswa.

Kata Kunci: Evaluasi; Evaluasi Program; Layanan Klasikal; CIPP; Guru Bimbingan Konseling


Full Text:

PDF

References


Agustanico, D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, Vol.3 No.1.

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed.3. Bumi Aksara.

Fatimah, D. N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self kontrol siswa SMP Negeri 5 Yogyakart. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, Vol 14. No 1.

Fitria, K. (2017). Profil Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelayanan Kelompok Di SMA Sumatra Barat. Journal Counseling Care, Vol 1 No 1.

Gendon, B. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah SMA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Khasawneh, D. (2015). Using the training reactions questionnaire to analyze the reactions of university students undergoing career-related training in Jordan: A prospective human resource development approach. Journal Internasional of Training And Development, Vol.19 No.1.

Mahshid SA, D. (2015). The Evaluation of Reproductive Heaalth PhD Program in Iran: A CIPP Model Approach 7th World Conference on Educational Sciences. Greece Procedia – Soc Behav: Athens.

Masdar, N. (2018). Evaluasi Program Kerja Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Model Makassar [Teaia]. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Mirasari, I. (2016). Evaluasi Program Layanan Bimbingan Klasikal di SMAN 46 Jakarta Selatan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Volume 2, No.1.

Mukhtar. (2016). Rogram Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self Control Siswa. Jurnal Psiko-Pedagogi, Volume 5, No.1.

Nanda, E. (2015). Evaluasi Program Kerja Biminingan dan Konseling di SMP Kota Malaang: Discrepancy Model. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, Vol 5 No 1.

Nurihsan, A. (2016). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Reflika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia. (2018). . Permendikbud No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riyadi. (2016). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK. Paramitra Publishing.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublis.

Sercek GO. (2014). Evaluation of Associate Degree Tourism Training Program According to CIPP Program. Dicle University, Institute of Educational Sciences, Department of Educational Sciences, Department of Educational Programs and Instruction. Unpublished Doctoral Dissertation.

Stufflebeam, D. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications (2nd ed.). Jossey-Bass.

Stufflebeam, D., Chris LSC. (2015). Evaluation Theory, Models & Application. Jossey-Bass.

Zokaeefar, A, D. (2015). Assessment of Counseling and Psychosocial Support maneuvers in Natural Disasters in Hormozgan. Social and Behavioral Sciences Journal., Vol. 185.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.