Pengembangan Model Konseling Realitas Teknik WDEP Menggunakan Musik Dalam Memberikan Layanan Konseling

Ilham Hidayat(1*), Sulaiman Samad(2),

(1) UPT SPF SMPN 24 Makassar
(2) Department of Guidance and Counseling, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47240

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa buku panduan model konseling realitas teknik WDEP menggunakan musik dalam memberikan layanan konseling di SMPN 24 Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengembangan buku panduan model konseling realitas teknik WDEP menggunakan musik sangat dibutuhkan oleh guru BK/ konselor dalam memberikan intervensi konseling kepada konseli yang kreatif dan menyenangkan; (2) protitype/ purwarupa penggunaan model konseling realitas teknik WDEP menggunakan musik dalam memberikan layanan konseling dibuat dalam bentuk buku dan disusun menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, menggunakan gambar ilustrasi, terdapat langkah- langkah konseling realitas menggunakan musik serta memuat contoh ilustrasi kasus/ skenario pelaksanaan konseling menggunakan musik yang dilengkapi dengan rencana pelaksanaan layanan konseling (RPL) Individual serta resume pelaksanaan konseling individual; (3) Hasil uji validitas oleh ahli konseling serta desain grafis oleh ahli media pembelajaran yang masing-masing memperoleh nilai rata-rata 3,12 dan 3,5 dengan kategori valid (layak). Sedangkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh 3 guru BK/ Konselor memperoleh masing-masing nilai 100 dengan kategori praktis.

Kata Kunci: Buku Panduan, Konseling Realitas Menggunakan Musik, Tanggung Jawab Belaja


Full Text:

PDF

References


Anni, C. T., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2018). Memadupadankan antara Kompetensi Konselor aspek Asesmen BK dengan Pengembangan Literasi Siswa di Sekolah. Satya Widya, 34(1), 1–12.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Djohan. (2006). Terapi Musik (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Galang Press.

Gladding, S. T. (2021). The creative arts in counseling. John Wiley & Sons.

Goldberg, R. M., & Stephenson, J. B. (2016). Staying with the metaphor: Applying reality therapy’s use of metaphors to grief counseling. Journal of Creativity in Mental Health, 11(1), 105–117.

Nugrahen, E. P. (2019). Pendalaman Materi Bimbingan Dan Konseling Modul 5 Layanan Responsif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Portrie-Bethke, T. L. (2011). Choice theory. In S. Degges-White & N. L. Davis (Eds.), Integrating the expressive arts into counseling practice: Theory-based interventions . Springer Publishing Co, (pp. 65–85).

Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan konseling kelompok di sekolah (metode, teknik dan aplikasi). Bandung: Rizqi.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Yusuf, S. (2016). Konseling individual konsep dasar & pendekatan. Bandung: Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.