Pengembangan Modul Parenting Orangtua Yang Memiliki Anak Autis Di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar

Nur Inayah(1*), Abdul Haris(2),

(1) PKBM Brillian School Makassar
(2) Department of Special Education, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.47210

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul prenting orangtua yang memiliki anak autis yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi orangtua yang memiliki anak autis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang kemudian diadaptasi oleh peneliti, karena sesuai dengan tahap penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan modul parenting orangtua yang memiliki anak autis karena model ini memiliki langkah-langkah yang lebih rinci. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan ini meliputi: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari ahli media dan ahli isi/materi, 2 orang oarangtua yang memiliki anak autis di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan hasil analisis ahli modul dengan presentase tingkat pencapaian sebesar 92%, dan hasil kepraktisan oleh orangtua dengan presentase tingkat pencapaian sebesar 98%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul parenting orangtua yang memiliki anak autis yang dikembangkan layak digunakan sebagai modul pembelajaran bagi orangtua yang memiliki anak autis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Borg, W R & Gall, M. D. (2013). Education Research: An Introduction (7. Ed). Logman Inc.

Kristanti, L. A., Sebtalesy, C. Y., & St, S. (2019). Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Anak Autis. Uwais Inspirasi Indonesia.

Muna, A. N., Sunardi, S., & Widyastono, H. (2021). Parenting Module For Parents Of Children With Mental Retardation To Improve Understanding In Parenting. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4).

Nadila, A. Y. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Mengasuh Anak Autis Di Ponorogo. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 6(1), 30– 38.

Nurussakinah, R., Mediani, H. S., & Purnama, D. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme Di Slb. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 15(2).

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Susanto, S. E. (2018). Penerimaan Orang Tua Terhadap Kondisi Anaknya Yang Menyandang Autisme Di Rumah Terapis Little Star. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 9(2), 140–152.

Syafri, H. P., & Iswari, M. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Penanganan Perilaku Anak Autis X Di Smk 4 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2).


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.