Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar

Muhammad Zulfadhli(1*), Ahmad Hilal Alimuddin(2), Nurfadilah Nurfadilah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.46705

Abstract


Abstrak.Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar. Penelitian ini bermaksud menjelaskan penelitian tentang pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku kognitif anak usia dini di Kota Makassar. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis dilakukan dengan tahapan pencarian data, skrining data, penilaian kualitas (kelayakan) data, dan menentukan hasil. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap melakukan identifikasi pertanyaan penelitian, menyusun protokol penelitian, dan menyusun strategi pencarian, dan ekstraksi data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y sebesar 0,416 > 0,05 artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 atau nilai t hitung -0,154 < r tabel 0,361 artinya nilai t hitung lebih kecil dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa H ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh variabel X terhadap Y. Hasilnya bisa kita ketahui bersama bahwa media sosial TikTok sebagai variabel X tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kognitif anak usia dini sebagai variabel Y.

 

Keywords: Media Sosial, TikTok, Anak Usia Dini, Perilaku Kognitif Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Amalia, P. R. Recreate Cooking Sebagai Dampak Positif Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anwar, A. A. (2019). Tindak Tutur Siswa XI SMA Negeri 22 Makassar Pada Situasi Formal. Universitas Negeri Makassar

Anggrahini, S. A. (2013). Dinamika Komunikasi Keluarga Pengguna Smartphone. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Yogyakarta.

Annur, C. M. (2022). Daftar Negara Pengguna Tiktok Durasi Terlama, Indonesia Nomor Berapa?. URL:https://databoks.katadata.co.id/datapublish. Diakses tanggal 22 Maret 2022.

Bulele, Y. N. (2020). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565-572.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Cahyono, A. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Permasalahan Sosial Anak. Publiciana, 11(1), 89-99.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak di Bawah Umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15.

Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai Sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1 (1).

Ernie, M., & Yoyon Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1 (2).

Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118-123.

Gifary, S. (2015). Intensitas penggunaan smartphone dan perilaku komunikasi (Studi pada pengguna smartphone di kalangan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom). Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 41719.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80.

Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Bila Si Kecil Bermain Smartphone. Yogyakarta.

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Inddividu Di Era Revolusi Informasi, 199–208.

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49-60.

Plimbi, E. (2012). Tahukah Anda Apa itu Pengertian Smartphone. Diakses dari http://www.plimbi.com/article/7000/tahukah-anda-apa-itu-pengertian-smartphone pada tanggal 20 Januari 2021.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi, Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rusdin, F. R., & Gafar, A. (2016). Media Sosial Dan Pola Perilaku Komunikasi Siswa Sma Negeri 1 Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Januari -­‐ Juni, 5(1).

Riani, A. F. (2021). Pengaruh Aplikasi TikTok pada Anak-anak Zaman Now. Diakses dari https://kumparan.com/fiya-amel pada tanggal 22 Maret 2022.

Soliha, S. F. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-10.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Tenplay. (2017). Bill Gates reveals the 'safe' minimum age for kids to get a smartphone. Diakses dari https://tenplay.com.au/news/national/april-2017/bill- gates-reveals-the-safe-minimum-age-for-kids-to-get-a-smartphone pada tanggal 4 Februari 2021.

The Asian Parent Indonesia. (2017). Usia Terbaik Memberikan Smartphone Pada Anak Menurut Bill Gates. Diakses dari https://id.theasianparent.com/memberikan-smartphone-pada-anak/ pada tanggal 4 Februari 2021.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49.

Wijaya, M. H. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas TikTok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170-191.


Article Metrics

Abstract view : 369 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.