KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA MAKASSAR BERBASIS LINGKUNGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALLANGA KABUPATEN GOWA

Kembong Daeng(1*), Sakinah Fitri(2), St Amina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.46620

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan keterampilan  menulis narasi bahasa Makassar berbasis lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif. Variabel penelitian yaitu keterampilan menulis narasi bahasa makassar berbasis lingkungan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Pallangga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik ter tertulis. Tekni analisis data yaitu: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dan skor rata-rata, (3) membuat tabel klasifikasi keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 75% dengan kriteria ketuntasan minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 22 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat keterampilan siswa secara keseluruhan berada pada taraf cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) terdapat 22 orang dengan persentase 70% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM terdapat 15 orang siswa dengan persentase 30%.

Keyword: Keterampilan, Menulis, Narasi, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah Sabarti. 1999. Menulis. Jakarta. Depdikbud.

Bonefasius Boli Beda. 2018. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar.

Daeng, Kembong & Muhammad Bachtiar Syamsuddin. 20015. Sintaksis Bahasa Makassar, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Daeng, Kembong dan Syamsuddin Muhammad B, 2014. Bahan Ajar Bahasa Makassar, Makassar : FBS, UNM.

Daeng, Kembong & Syamsudduha, 2013. Kosa Kata Tiga Bahasa Indonesia-Makassar-Bugis. Mandiri.

Daeng Kembong (2017). Pappilajarng Basa Siagang Sasetera Mangkasarak Buku Kelas VIII. UNM.

Endraswara, S. 2008. Metodologi Penelitian Sastra.Yogyakarta: Niaga Swadaya.

Fachruddin. 1988. Kamus Besar Bahasa Indoesia. Jakarta. Balai Pustaka. Kepdikbud.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hasnawati Hasan 2011. Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Percakapan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Minasatene Kabupaten Pangkep

Keraf. 1987. Diksi dan Tata Bahasa. Gremedia. Jakarta.

Muchlison. 1951. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurgiyanto, Burhan. 20010. Penilaian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE.

-----. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE.

Rabiah, S. 2013. Analisis Kritis Terhadap Eksistensi Bahasa Daerah Makassar Sebagai Muatan Lokal Di Sekolah Dasar Kota Makassar Pasca Implementasi Kurikulum 2013. 1-12

Sayuti, A Suminto. 2000. Berkenalan Dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

-----. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugihastuti. 2000. Bahasa Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

-----2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.