Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Campalagian
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.46618
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Campalagian. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru menggunakan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pedoman dalam pengembangan RPP. Dari hasil observasi implementasi RPP pada bagian pendahuluan masih terdapat guru yang tidak melakukan sesuai dengan RPP yang dibuat. Pada kegiatan inti guru mengunakan pendekatan saintifik namun tidak terlaksana secara optimal karna masih terlalu banyak menjelaskan dalam proses pembelajaran. Pada bagian penutup masih terdapat guru yang tidak mengimplementasikan dengan keseluruhan sesuai dengan RPP yang dibuat. Pada aspek penilaian pembelajaran yang terdapat pada RPP guru memuat penilaian otentik yaitu penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun, dari hasil observsi dokumen yang guru tidak melakukan penialain proyek, penilaian produk dan hanya melakukan penialain portofolio dan penilaian sikap. Tapi, pada pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara aktif dan saling memberikan umpan balik antara guru dan siswa.
Kata Kunci: RPP, Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Aini, Y. (2013). Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013, November, 746–749.
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Ngumarno, W. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5141
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775
Waybin, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, 2(4), 191. http://eprints.uny.ac.id/27522/
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.