PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL (BUGIS) DI SDN 420 AWO KABUPATEN WAJO

Farida Febriati(1*), Abdul Haling(2), Abdul Haling Nurul Fahira S(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.46615

Abstract


Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (Bugis) di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (Bugis) di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SDN 420 Awo, guru kelas dan peserta didik kelas 4, 5 dan 6 di SDN 420 Awo Kabupaten Wajo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis di SDN 420 Awo kabupaten wajo sudah terintegrasi, hal ini terbukti dengan dilaksanakan dan diterapkannya 4 (empat) komponen nilai-nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis yaitu Ma Patoh ri Dewatae (Patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa), Ma Lempu (Jujur), Soppo’renge (Tanggung Jawab), dan Ma Patoh  (Disiplin). Jika peserta didik melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis maka Kepala sekolah dan guru akan menegur dengan cara menasehati dan memberikan sanksi sebagai efek jera kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal bugis di SDN 420 Awo yaitu: 1). Sarana dan prasarana, 2). Kegiatan Ekstrakulikuler, 3). Motivasi dan peran guru. Adapun faktor penghambat yaitu: 1). Sarana dan Prasarana, 2). Lingkungan dan 3). Anak itu sendiri.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal Bugis

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ardilla, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi pendidikan, 0(0), 79-85.

Halqi, M., & Muliadi, A. (2021). Character Education through Exemplary of TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Prostective Theacher’s Perception. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 161.

Lase, F., Nirwana, H., Neviyarni, N., & Marjohan, M. (2020). The Differences of Honest Characters of Student Before and After Learning with A Model of Learning of Intelligent Character. Journal of Education and Learning Studies, 3 (1).

Nurhikmah, H., Aris, M., Arismunandar, A., Sujarwo, S., & Sukmawati, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Muatan Lokal Sejarah Wajo. Jurnal Peran Guru Sosiologi dalam Implementasi Pendidikan Karakter, 1(1).

Patauntung, et al., 2021. Buletin Ade’ Pangampe. Sengkang: Yayasan Budaya Wajo.

Rahyono, F.X. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Penerbit Kompas

Sari, D. P. 2020. Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, (Online), Vol.1 No.pp,http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/16, (diakses 7 Agustus 2022)

Tulus Tu’u. (2018). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.