Skema Aktan dan Model Fungsional dalam Novel Pinus Karya Rosa Amanda Salim: Kajian Naratologi A.J. Greimas

Desisintawati Desisintawati(1*), Muhammad Rapi Tang(2), Suarni Syam Saguni(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.46614

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema aktan dan model fungsional dalam novel Pinus karya Rosa Amanda Salim dengan menggunakan kajian naratologi A.J. Greimas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skema aktan dan model fungsional dalam novel Pinus terpenuhi, Semua kedudukan aktan memiliki peran masingmasing, dan model fungsional yang bergerak dari situasi awal ke situasi akhir terpenuhi dan mencapai objek sehingga cerita pun berakhir. Dalam penggunaan teori naratologi Greimas yang harus diperhatikan adalah penggunaan teori naratologi yang tepat terhadap objek material yang digunakan karena teori naratologi pengaplikasiannya berbeda-beda menurut ahli.

Kata Kunci: naratologi, skema aktan, model fungsional


Full Text:

PDF

References


Busyrah, Hamidah. 2012. Skripsi. Analisis Struktural Model Aktan dan Fungsional Greimas pada Sepuluh Cekrak dalam Antologi Geguritan Lan Pisungsung. Universitas Indonesia. Depok

Fadhilla, Adhika Fatiya Nur. 2019. Hikayat Maharaja Rawana: Suntingan Teks dan Analisis Skema Aktan A. J. Greimas. Jurnal Nuansa Indonesia. 21(1) 13.

Greimas, A.J. 1983. Structural Semantics: An Attemp at a Method. Diterjemahkan oleh Ronald Schleifer. London: University Of Nebraska Press.

Muttaqin, Zainul. 2015. Menilik Aktansial Greimas dalam Dongeng Prahara Di Istana Dewa Petir. Jurnal Pendidikan Seni, Bahasa, dan Sastra. 1(2) 17 27.

Ratna, Nyoman Khuta. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwondo, Tirto. 2011. Studi Sastra (Konsep Dasar Teori dan Penerapannya pada Karya Sastra. Yogyakarta: Gama Media.

Salahuddin, Nurfadillah. 2018. Skripsi. Skema Aktan dan Model Fungsional Novel Maryamah Karpov: kajian Naratologi A. J. Greimas. Universitas Negeri Makassar.

Wulandari, Sovia, dkk. 2020. Skema Aktan dan Struktur Fungsional A.J. Greimas dalam Cerita Asal Mulo Jambi Tulo dan Jambi Kecik. Jurnal Pena Literasi. 50-61.

Wardhani, Prima Sulistya. 2011. Skripsi. Kajian Naratologi pada Novel La Lenteur karya Milan Kundera. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yapi Taum, Yoseph. 2011. Studi Sastra Lisan. Yogyakarta. LAMALERA.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.