Dialog Sosial dalam Naskah Drama Kulawarga Karya Rostan Yuniardi (Tinjauan Dialogisme Bakhtin)

Sulistiawati Sulistiawati(1*), Muhammad Rapi Tang(2), Andi Agussalim Aj.(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v1i1.25098

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dialog-dialog sosial yang hadir dalam naskah drama Kulawarga menggunakan perspektif dialogis Bakhtin. Penelitian ini menggunakan desain analisis data kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Data diperoleh melalui metode studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah: 1) karnivalisasi dan komposisi; 2) tokoh dan posisi pengarang; dan 3) representasi gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara perspektif terhadap relasi dengan komponen Naskah drama Kulawarga, tidak menjamin dirinya bahwa sepenuhnya polifonik dan dialogis, tetapi melihat secara keseluruhan dari bagian-bagian tertentu menggunakan dialogis Bakhtin, bahwa dialog sosial yang terjadi adalah adanya pengaruh lingkungan pengarang berupa tempat tinggalnya dan latar belakang pengetahuannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia, agar menerapkan dan mengembangkan kajian teori Dialogisme Mikhail Bakhtin. Bagi pembaca, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan bacaan untuk memperoleh pengetahuan dalam memperluas wawasan terlebih kepada karya sastra naskah drama, sehingga bisa melakukan pengembangan penelitian dalam bidang yang sama.

Kata kunci: Dialogis, Polifonik, Karnival


 


Full Text:

PDF

References


Afandi, I. & Juanda . (2020). Application of Character Education Values in Early Childhood Through Online Fables. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 85-100.

Anwar, Febriana. (2019). Kritik Social Dalam Naskah Drama Alangkah Lucunya Negeri Ini Karya Deddy Mizwar. Jurnal bahasa dan sastra 4(1), 105-121

Bakhtin, Mikhail. (1984). Problems of Dosteovsky’s Poetics. Translated Caryl Emerson. London: University of Minnesota Press.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi PenelitianSastra. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS)

Faruk. (2016). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hajrawati. (2017). Aspek Sosial Dalam Naskah Drama Bulan Dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana (Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt). Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Manshur, Fadlil Munawwar. (2017). Teori Dialogisme Bakhtin Dan Konsep-konsep Metodologisnya. Yogyakarta: Jurnal Sasdaya, Gadjah Mada Journal of Humanitie. Vol. 1, No. 2:235-249.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwondo, Tirto. (2001). Suara-suara Yang Terbungkam, Olenka Dalam Perspektif Dialogis. Yogyakarta: Gama Media.


Article Metrics

Abstract view : 399 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.