Improving Learning Outcomes of Small Ball Games (Kasti) Through Audio Visual Media (LCD)

M. Rachmat Kasmad(1*), Benny Badaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Video Pembelajaran atau media audio visual (LCD) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola kecil pada siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses/aktivitas pembelajaran permainan kecil (kasti) melalui penggunaan media audio visual (video pembelajaran dan LCD) pada siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam permainan kasti adalah melaksanakan pembelajaran pada tahap inti melalui 3 tahap antara lain tahap persiapan tahap pelaksanaan/penyajian dan tahap tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi pada tahap refleksi, hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media video pembelajaran atau audio visual efektif meningkatkan proses/aktivitas dan hasil pembelajaran permainan kasti disetiap siklus tindakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar,Permainan Bola Kecil, Media Audio Visual.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yokyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2005. Media elektronik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cucu Komara, dkk. 2002. Strategi Belajar Tuntas di Sekolah Dasar. Bandung: Sarjarindo.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Tinggi.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Diknas. 2004. Petujuk Pengembangan Media elektronik. Jakarta: Dikdasmen Depdiknas

Dimyati & Mudjiono (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Fathani, Halim Abdul. 4 Juni 2007. Membuat Belajar Matematika Menjadi Bergairah. Majalah Duinia Pendidikan, Hlm. 18.

Hardjito. 2004. Konsepsi Sumber Belajar dan Media elektronik. Jakarta: Depdiknas.

Hidayat. 2004. Diklat Kuliah Teori Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA UNNES.

Joko Susilo, Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Morjadi. 1994. Desain Pembuatan Alat Peraga. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru, Depdikbud.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pandoyo. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Pepkin K.L. 5 Januari 2004. Creative Problem Solving. Majalah Dunia Pendidikan. Hlm. 1-3.

Rahadi, Aristo. 2004. Pemilihan dan Pengembangan Media elektronik. Jakarta: Depdiknas.

Ramlan, H., 2003. Media dan Sumber Pembelajaran. Parepare: Universitas Muhammadiyah.

Sadiman, Arief. S. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sokarno. 1994. Media elektronik. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru, Depdikbud

Suhito. 2000. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

Suyitno. 2004. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

Usman, Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Winarno. 2002. Kegiatan Belajar Mengajar Matematika SD dengan Pendekatan PAKEM. Yogyakarta: Depdiknas.

http: //eddi-muslim.blogdrive.com/archive/2.html. diakses tanggal 13 September 2010.

http://bangsadrana. wordpress. com/ 2008/ 05/ 24/ seminar-pemanfaatan-aplikasi-komputer-untuk-pendidikan, diakses tanggal 6 Nopember 2010.


Article Metrics

Abstract view : 134 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.