Improving Student Learning Outcomes in Citizenship Education Learning through a Cooperative Type Role Playing Approach

Ritha Tuken(1*), Yonathan Saba’pasinggi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PKn di kelas VI SDN 179 Pinrang?. Dari rumusan masalah tersebut, maka penelitian bertujuan: 1) Untuk mengetahui informasi tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing dalam meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VI SDN 179 Pinrang. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe role playing dan fokus hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian dilaksanakan di SDN 179 Pinrang, dengan subjek adalah guru dan siswa kelas VI SDN 179 Pinrang yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan.  Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Hasil belajar yang diperoleh dari taraf keberhasilan siswa yang tuntas mencapai KKM sekolah, yang cenderung mengalami peningkatan, berturut-turut: siklus I, kualifikasi cukup, Siklus II sudah meninggkat tapi masih berada pada kategori cukup,  dan siklus III sudah  kualifikasi baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas VI SDN 179 Pinrang.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan pendidikan mata pelajaran PKn. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan

Dihardja, Djaja. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas

Dimyanti, Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud.

Hanafiah & Suhana . 2009 . Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Imron, Syaiful. 2009. Role Playing. http://gooogle/ipank_say.blogspot.com, diakses tanggal 23 September 2012.

Khalik, Abdul. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. UPP PGSD Parepare.

Makhrufi. 2009. Role Playing : Suatu Alternatif Pembelajaran yang Efektif dan Menyenagkan dalam Meningkatkan Keterampilan Murid. http://www.infodiknas.com, (diakses tanggal 23 September 2012).

Samira. 2008. Peranan Pembelajaran PKn dalam Meningkatkan Moral Siswa di Sekolah Dasar. Makassar : Universitas Negeri Makassars

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grasindo.

Sinring, Abdullah, dkk. 2012. Pedoman penulisan skripsi program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: FIP UNM.

Sisdiknas. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan UU NO. 20 Tahun 2003. Jakarta: Fokusmedia.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. Nana. 2000. Cara Belajar Mueid Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukardjo dan Ukim. 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syamsu. 2000. Role Playing. http://www.infodiknas.com, diakses tanggal 23 September 2012.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Terbit Terang.

Wahab, Abdul Aziz. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.