PROGRAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS): Implementasinya pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Kartini Saade(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v2i1.870

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis hubungan kejelasan program MBS, kondisi lingkungan organisasi, dan kapasitas organisasi pelaksana dalam menunjang keberhasilan implementasi program MBS pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng. Disain penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM). Adapun jumlah sampelnya sebanyak 345 responden yang ditarik dari 23 gugus di Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng. Hasil penelitian memberikan penjelasan bahwa keberhasilan yang dicapai sekolah setelah program MBS diimplementasikan antara lain: kecakapan hidup siswa meningkat, prestasi akademik siswa meningkat, prestasi non akademik siswa meningkat, peran serta masyarakat dalam pengelolaan sekolah meningkat, pengelolaan sekolah lebih partisipatif, transparan, dan akuntabel. Faktor pendukung keberhasilan implementasi program MBS antara lain: kepemimpinan kepala sekolah, komitmen warga sekolah, kerjasama yang baik antara warga sekolah dan komite sekolah, peran serta orang tua siswa dalam pengelolaan sekolah, dukungan dunia usaha dan industri, serta dukungan pemerintah. Faktor penghambat antara lain: persepsi masyarakat tentang pendidikan gratis masih keliru, distribusi tenaga pendidik (guru tidak merata, fasilitas sekolah tidak merata, jarak antara SD Inti dan SD Imbas cukup jauh terutama di daerah-daerah terpencil, dan latar belakang sosial-ekonomi orang tua siswa.

 

Kata Kunci: Implementasi Program, MBS.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4878 times | PDF view : 714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Ilmu Administrasi Publik



Diterbitkan oleh:

Program Studi Ilmu Administrasi Publik

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

 

JIAP Index By:

               

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.