Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online

Harianty Anwar(1*), Risma Niswaty(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v7i1.3435

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan jumlah informan sebanyak 8. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui Gambaran Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Mengingat pelayanan tersebut telah menggunakan pelayanan berbasis online dan sistem pelayanan satu atap sehingga dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: (1) identifikasi Persyaratan, (2) Indentifikasi Prosedur, (3) Identifikasi Waktu, (4) Identifikasi Biaya/Tarif, (5) Identifikasi Produk Pelayanan, (6) Penanganan Pengadaan Pengaduan. Adapun kekurangan dari pelayanan penerbitan buku pelaut berbasis online terdapat di beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti identifikasi waktu dan penanganan pengadaan pengaduan.

Kata kunci: Pelayanan, berbasis online


Full Text:

Pdf

Article Metrics

Abstract view : 908 times | Pdf view : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik



Diterbitkan oleh:

Program Studi Ilmu Administrasi Publik

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

 

JIAP Index By:

               

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.