Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v7i1.3435
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan jumlah informan sebanyak 8. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui Gambaran Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Mengingat pelayanan tersebut telah menggunakan pelayanan berbasis online dan sistem pelayanan satu atap sehingga dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: (1) identifikasi Persyaratan, (2) Indentifikasi Prosedur, (3) Identifikasi Waktu, (4) Identifikasi Biaya/Tarif, (5) Identifikasi Produk Pelayanan, (6) Penanganan Pengadaan Pengaduan. Adapun kekurangan dari pelayanan penerbitan buku pelaut berbasis online terdapat di beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti identifikasi waktu dan penanganan pengadaan pengaduan.
Kata kunci: Pelayanan, berbasis online
Full Text:
PdfArticle Metrics
Abstract view : 752 times | Pdf view : 214 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik
Diterbitkan oleh:
Program Studi Ilmu Administrasi Publik
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
JIAP Index By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.