Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL)
(1) 
(2) Public Administration Department, Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v7i1.3434
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektian Pelayanan KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari empat alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan pelayanan KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng berada dalam kategori cukup baik. Melihat fokus dalam penelitian yaitu:1) prosedur pelayanan telah ditetapkan dengan cukup baik, 2) kedisiplinan pegawai berada dalam kategori cukup baik, 3) keadilan pegawai berada dalam kategori cukup baik, 4) keawajaran biaya telah ditetapkan dengan cukup baik, 5) penyamanan pelayanan berada dalam kategori cukup baik.
Kata kunci: Efektif, Pelayanan, KTP-EL
Full Text:
PdfArticle Metrics
Abstract view : 1433 times | Pdf view : 684 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik
Diterbitkan oleh:
Program Studi Ilmu Administrasi Publik
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
JIAP Index By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.