Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL)

Nurfitri Wahyuni(1), Haedar Akib(2*), Muhammad Darwis(3),

(1) 
(2) Public Administration Department, Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektian Pelayanan KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif  dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari empat alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan pelayanan KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng berada dalam kategori cukup baik. Melihat fokus dalam penelitian yaitu:1) prosedur pelayanan telah ditetapkan dengan cukup baik, 2) kedisiplinan pegawai berada dalam kategori cukup baik, 3) keadilan pegawai berada dalam kategori cukup baik, 4) keawajaran biaya telah ditetapkan dengan cukup baik, 5) penyamanan pelayanan berada dalam kategori cukup baik.

 

Kata kunci: Efektif, Pelayanan, KTP-EL

Full Text:

Pdf


DOI: https://doi.org/10.26858/jiap.v7i1.3434

Article Metrics

Abstract view : 456 times | Pdf view : 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik



Diterbitkan oleh:

Program Studi Ilmu Administrasi Publik

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

 

JIAP Index By:

                 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.