Nilai Siriq na Pessé dalam Novel Silariang Karya Oka Aurora

Andi Mutmainnah Milasari Daud(1*), Syamsuddha Syamsudduha(2), Andi Agussalim Aj(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v3i2.51793

Abstract


Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran nilai budaya siriq na pessé dalam novel Silariang karya Oka Aurora. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari novel Silariang karya Oka Aurora menggunakan teknik baca, catat, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran nilai siriq na pessé yaitu terbentuk dari beberapa unsur-unsur nilai diantaranya yakni Alempureng (kejujuran), Amaccangeng (kepintaran), Agettengeng (ketegasan), dan Awaraningeng (keberanian). Novel Silariang Karya Oka Aurora juga memberikan pemahaman bahwa dalam kehidupan sehari-hari nilai siriq na pessé tidak bisa dilepaskan dari kehidupan ini. Meski apapun yang mewarnai setiap perjalanan. Siriq adalah suatu harga mati terutama bagi masyarakat Bugis-Makassar yang harus ditegakkan yang memberi kewajiban moral untuk membunuh pihak yang melanggar adat, terutama dalam soal-soal hubungan perkawinan. Sementara itu, pessé adalah suatu perasaan yang menyayat hati, pilu bagaikan tersayat sembilu apabila sesama warga masyarakat atau keluarga atau sahabat ditimpa kemalangan.

 

Keywords: siriq na pessé, silariang


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2012. Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris. UNS (Sebelas Maret University).

Alviah, I. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).

Aminah, S. 2008. Analisis Wacana Pesan Moral dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata.

Haerani, H. 2017. Implementasi Nilai Budaya Siri’na Pacce dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus pada Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kilawati, A. 2019. Pendidikan Karakter dalam Budaya Siriq na Pesse Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Laila, A. 2017. Kepercayaan Jawa dalam Novel Wuni Karya Ersta Andantino (Interpretatif Simbolik Clifford Geertz) (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Latief, F. 2020. Nilai Budaya Siri' na Pesse pada Pola Asuh Masyarakat Bugis Makassar. Indonesian Parenting, 59.

Muhaimin, M. N.2018. Implikasi budaya Siri' na Pesse Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Islam Bugis-Makassar (Studi Kasus di Leang-leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah).

Murniati, A. 2017. Peranan DAI dalam Peranan Nilai-nilai Siriq bagi Remaja di Desa Lara Kecamatan Baebunta.

Nurhasanah, E. 2018. Analisis Unsur Ekstrinsik Novel “Merry Riana-Mimpi Sejuta Dolar’’ karya Alberthiene Endah dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 23-26.

Nuzulia, D. 2021. Analisis Antropologi Sastra pada Novel Silariang Cinta Yang (Tak) Direstui Karya Oka Aurora. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 27-35.

Prakoso, T. (2006). Pemaknaan Novel Bekisar Merah dan Belantik dengan Teori Strukturalisme Levi-Strauss dan Hermeneutika Geertz (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Raditiyanto, S. 2019. Kehidupan Tokoh Noelle Page Dalam Novel The Other Side Of Midnight. Jurnal TEDC, 12(2), 156-161

Rahmayanti, A. 2017. Tinjauan Yuridis Tentang Silariang Menurut Hukum Adat (Studi Kasus di Kabupaten Takalar) (Doctoral dissertation, Tadulako University).

Ratna, I Nyoman Kutha. 2006. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Rohman, S., & Wicaksono, A. (Eds.). 2018. Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Garudhawaca.

Sudikan, Setya Yuwana. 2007. Antropologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Sukirman, S. 2021. Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Suwadah, Rimang Sitti. 2011. Kajian Sastra Teori dan Praktik. Yogyakarta: Aurora Pustaka

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Tjahyadi, I. 2020. Mengulik Kembali Pengertian Sastra. Probolinggo: Universitas Panca Marga.

Tunnisah, W. 2021. Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal dalam Novel Silariang Cinta Yang (Tak) Direstui Karya Oka Aurora. Jurnal Konsepsi, 10(3), 216-223

Wahyuni, W. 2019. Sosiologi Bugis Makassar. Alauddin University Press.

Wati, S. 2022. Menelisik Falsafah Sulapa Eppa dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi pada Kantor Desa Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).

Yusri, M., Amin, M., & Kasman, S. 2021. Latar Belakang Terjadinya Kawin Silariang di Desa Datara Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Jurnal Mercusuar, 2(4).


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.