Alih Kode dan Campur Kode dalam Flywheel Marketing pada Penjualan Produk Kesehatan Tiens di Kabupaten Maros

Andi Agussalim Aj(1*), Asia Asia(2), Nur Hikmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v3i1.49136

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode serta faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam Flywheel Marketing pada Penjualan Produk Kesehatan Tiens di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu data lisan berupa kata, klausa, frasa dan kalimat yang mengandung alih kode dan campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Bugis yang bersumber dari narasumber yaitu penjual dan pembeli dalam Flywheel Marketing pada Penjualan Produk Kesehatan Tiens di Kabupaten Maros yang diambil saat proses percakapan sedang berlangsung antara penjual dan pembeli. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak, catat dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alih kode dalam Flywheel Marketing pada Penjualan Produk Kesehatan Tiens di Kabupaten Maros ada tiga yaitu alih kode antarkalimat, intrakalimat dan tag. Wujud alih kode ada dua yaitu penyisipan berupa unsur berwujud kata dan frasa. Faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode yaitu faktor tutur, lingkungan, sikap penutur, latar belakang, kebahasaan.

Kata Kunci: Alih Kode, Campur kode, Flywheel Marketing, Tiens, Bahasa Bugis, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Alif, Ludfiah. (2015). “Pemakaian Bahasa Jawa pada Suku Bugis dalam Interaksi dengan Warga Krimunjawa” Tesis: Universitas Negeri Semarang

Avicenna, A. (2019). Campur Kode dalam Peritiwa Jual Beli di Lingkungan Pasar Sentral Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Konsepsi, 8(2), 85-93.

Chaer, A, dan Agustina, L. 2014. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriani, F. (2021). Alih Kode dan Campur Kode dalam Masyarakat Multilingual Di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Kajian Sosiolinguistik). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 3(1).

Margana. 2013. Alih Kode dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA. Litera:Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 12 No 1 2013.

Moleong, L. L. 2012. Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar. Bahasa Dan Sastra, 2(1), 5–13.

Mustikawati, D. A. (2015). Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa melalui Studi Sosiolinguistik). Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 23–32.

Mustikawati, D. A. (2016). Alih Kode dan campur kode antara penjual dan pembeli (Analisis pembelajaran berbahasa melalui studi sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 23-32.

Rohmani, S., Fuady, A., & Anindyarini. 2013. Analisis Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuad. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1), 1-16.

Romaine, S. 1995. Language in Society: An Introduction to Sociolinguistics, Second Edition. Oxford: University Press.

Sholihah, R.A. (2018, February). Kontak Bahasa. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, 1, pp. 361-376).

Suandi, I. N. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susmita, N. (2015). Alih Kode Dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 17(2), 87–98.

Suwito. 1983. Sosiolinguistik Pengantar Utama. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Swastika, A. A., & Hasanah, L.U. (2020). Wujud Alih Kode dan Campur Kode dalam Lirik Lagu Yuna Ito pada Album Heart. Mezurashii, 2(2)

Yuliana, N., Luziana, A. R., & Sarwendah, P. (2015). Code-Mixing and Code-Switching of Indonesian Celebritie: A Comparative Study. Lingua Cultura, 9(1), 47-54.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.