PENGARUH PROFESIONALISME DAN PENGETAHUAN APARAT INSPEKTORAT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN GOWA

Nurfatwa Basar(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan pengetahuan aparat inspektorat terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kabupaten Gowa. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder yang berasal dari hasil observasi, olah kuesioner  dan wawancara dengan pihak yang berkompeten di instansi. Metode analisis yang digunakan deskriptif dan statistik berupa regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda terdapat hubungan yang positif, dimana nilai a = 0,34 sebagai bukti adanya kualitas laporan keuangan pemerintah dan nilai  merupakan bukti meningkatnya profesionalisme aparat, dan  bukti meningkatnya pengetahuan aparat inspektorat, sehingga didapat persamaan Y = 0,34 + 0,83 + 0,08, maka perhitungan koefisien determinasi , kemampuan profesionalisme dan pengetahuan dalam mempengaruhi kualitas laporan keuangan  pemerintah sebesar 91 %, sedangkan sisanya sebesar 9 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Dari hasil perhitungan koefisien korelasi product moment dapat diketahui untuk variabel  r = 1,0 dan variabel  r = 0,99 pada tingkat yang sangat kuat, ini berarti bahwa profesionalisme dan pengetahuan aparat inspektorat berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Uji t variabel  pada  = 4,242 >  maka  ditolak  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah, dan Uji t variabel  pada  = 29,92 >  pengetahuan aparat inspektorat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah.

Kata Kunci : Profesionalisme, Pengetahuan, Aparat Inspektorat, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 431 times | PDF view : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.