PENGARUH LINGKUNGAN BERBELANJA SEBAGAI STIMULUS PEMBELIAN YANG TIDAK TERENCANA (STUDI KASUS LOTTE MAKASSAR)

Nurfatwa Andriani(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan suatu studi kasus pada 200 pelanggan Lotte Makassar, pembelian yang tidak terencana pada Toko Serba Ada (Toserba) dilihat dari respons pelanggan terhadap lingkungan berbelanja sebagai stimulus. Variabel respons lingkungan belanja, yang terdiri dari Pleasure, Arousal, dan Dominance (PAD). Penelitian ini menggunakan variabel pengalaman belanja hedonic shopping value, resources expenditure, dan utilitarian shopping value sebagai mediator respons lingkungan belanja terhadap pembelian tidak terencana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; variabel respons lingkungan belanja dominance berpengaruh positif terhadap pembelian tidak terencana. Terungkap juga bahwa variabel pengalaman belanja resources expenditure merupakan variabel mediator antara respons lingkungan belanja dan variabel pengalaman belanja lainnya, serta berpengaruh negatip terhadap pembelian tidak terencana.

Kata Kunci : Respons, Lingkungan, Belanja, Pembelian


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.