ANALISIS PEMASARAN RAMAH LINGKUNGAN DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL DI KOTA MAKASSAR

Abdul Samad A(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model hubungan pemasaran ramah lingkungan dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran usaha kecil di Kota Makassar. Rancangan penelitian ini explanatory research yang dilaksanakan pada usaha kecil yang berada di Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dikirim dan diantar sendiri oleh peneliti kepada masing-masing responden usaha kecil. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 211 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software PLS. Temuan dari penelitian ini adalah pemasaran ramah lingkungan dan orientasi pembelajaran menjadi hal yang penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran usaha kecil, karena keduanya berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran. Rekomendasi kepada pelaku usaha kecil di Kota Makassar dalam rangka untuk mengambil kebijakan teknis untuk meningkatkan kinerja pemasaran mereka melalui pemasaran ramah lingkungan adalah dapat dilakukan dengan memulai dari hal-hal yang kecil dan disesuaikan karakteristik tertentu yang mereka miliki karena dapat membantu usaha kecil dalam mengurangi dampaknya terhadap lingkungan dan biaya organisasi.

Kata Kunci : Pemasaran Ramah Lingkungan, Orientasi Pembelajaran, Kinerja Pemasaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 229 times | PDF view : 538 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.