KOORDINASI STREET LEVEL BUREAUCRACY DALAM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BULUKUMBA

Rahmat Fauzan(1*), Agung Widhi Kurniawan(2), Rezky Amalia Hamka(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan street level bureaucracy dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas dan karyawan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba, serta masyarakat penerima layanan. Adapun fokus pada penelitian ini adalah mengukur indikator komunikasi, kesadaran pentingnya koordinasi, kompetensi partisipan, kesepakatan, komitmen dan insentif koordinasi, serta kontinuitas perencanaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menguji keabsahan data adalah perpanjang pengamatan, triangulasi dan member check. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan koordinasi street-level bureaucracy dalam pelayanan IMB Kabupaten Bulukumba berjalan dengan baik. Proses komunikasi dilakukan secara langsung apabila memerlukan persetujuan secara formal seperti surat. Selanjutnya tingkat kesadaraan akan pentingnya koordinasi pun tercermin dari pegawai DPMPTSP Kabupaten Bulukumba. Kompetensi partisipan diberbagai bidang pun terpenuhi, terlihat dari dilaksanakannya kesepakatan, komitmen serta kontinuitas perencanaan. Untuk lebih meningkatkan proses pemberian layanan diperlukan jabatan tertentu, yakni diantaranya adalah perencana muda.  Selain hal tersebut terdapat pula penilaian baik dari masyarakat sebagai penerima layanan. Dari gambaran tersebut dapat dipahami bahwa pegawai street level bureaucracy bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan publik.

Kata Kunci : Koordinasi, Pelayanan IMB


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.