PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU DAN STAF SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TINGGIMONCONG (STUDI KASUS PADA SMPN 1 TINGGIMONCONG)

Ismah Luthfiah(1*), Zainal Ruma(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap semangat kerja guru dan staf sekolah secara parsial dan simultan di SMPN 1 Tinggimoncong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru dan staf di SMPN 1 Tinggimoncong yaitu sebanyak 28 orang dan semuanya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Lingkungan Kerja Fisik (X1) dan Lingkungan Kerja Non Fisik (X2) terhadap Semangat Kerja (Y), yang dapat ditunjukkan melalui persamaan regresi berganda yakni Y = -0,27 + 0,211 X1 + 0,52 X2. Untuk lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja sebesar 0,011 < 0,05 dan nilai t hitung 2,720 > t tabel 1,699. Untuk lingkungan kerja non fisik terhadap semangat kerja sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3,720 > t tabel 1,699. Adapun R Square sebesar 0,716 atau sama dengan 71,6 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pada SMPN 1 Tinggimoncong.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Semangat Kerja


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.