PERAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI TENGAH PENDEMI COVID-19 PADA ALNINDA SHOP CABANG BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Ade Fahri(1*), Amiruddin Tawe(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa pemasaran online lebih efektif dibanding dengan pemasaran offline. Sebagai media pemasaran online, Alninda Shop lebih efektif dan meningkat daya saing dengan menggunakan media sosial khususnya media sosial Instagram karena dapat bersaing dari segi harga dan inovasi, sehingga dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan promosi dan memudahkan dalam proses jual beli karena jangkauannya lebih luas dan mudah diakses. Dalam penelitian ini didapatkan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Kata Kunci : Media Sosial, E-commerce, Daya Saing Usaha


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.