PERAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI TENGAH PENDEMI COVID-19 PADA ALNINDA SHOP CABANG BONTONOMPO KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa pemasaran online lebih efektif dibanding dengan pemasaran offline. Sebagai media pemasaran online, Alninda Shop lebih efektif dan meningkat daya saing dengan menggunakan media sosial khususnya media sosial Instagram karena dapat bersaing dari segi harga dan inovasi, sehingga dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan promosi dan memudahkan dalam proses jual beli karena jangkauannya lebih luas dan mudah diakses. Dalam penelitian ini didapatkan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.
Kata Kunci : Media Sosial, E-commerce, Daya Saing Usaha
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 53 times | PDF view : 211 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.