ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP DANA ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT (BAZ) DI KOTA PARE-PARE

St Aisyah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian intern yang dilaksanakan terhadap Dana Zakat pada Badan Amil Zakat (BAZ) di Kota Pare-pare. Dalam pelaksanaan penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu metode yang memaparkan atau mendeskripsikan mengenai SPI (Sistem Pengendalian Intern), adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif yaitu data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, dokumentasi, observasi dan menyebarkan kuesioner guna mendapatkan data yang diperlukan, adapun acuan yang dijadikan pedoman dalam pembuatan kuesioner dan dikembangkan menjadi beberapa pertanyaan yaitu unsur-unsur pengendalian intern yang terdiri dari 4 poin yaitu : 1) Struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab fungsional, 2) Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap harta, utang, pendapatan dan biaya, 3) Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap bagian organisasi, 4) Karyawan yang jujur mampu melaksanakan tugasnya. Adapun yang menjadi landasan dalam  penetapan  unsur-unsur pengendalian intern  sebagai pedoman atas pembuatan kuesioner ini terkait dari  judul yang diangkat yang secara garis besar melirik kepada kinerja staf dalam lingkungan kerja pada Badan Amil Zakat tersebut.       

Variabel dalam penelitian ini adalah Sistem Pengendalian Intern terhadap Dana Zakat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf  Badan Amil Zakat sebanyak 49 orang, dengan sampel yaitu sebanyak 13 orang. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik purposive sampling adalah mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri spesifik yang dimiliki oleh sampel tersebut.

Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa sistem penerimaan dan penyaluran dana zakat berada pada kategori sangat sesuai dengan nilai keseluruhan yaitu 2205. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan dan penyaluran terhadap dana zakat telah berjalan sesuai dengan kaidah pengendalian intern yang baik. Ini menunjukkan hipotesis yang diajukan “diduga bahwa sistem penerimaan dan penyaluran dana zakat pada Badan Amil Zakat (BAZ) di Kota Pare-pare telah berjalan sesuai dengan kaidah pengendalian intern yang baik” dapat dibuktikan (diterima).

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern dan Dana Zakat


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 454 times | PDF view : 571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.