ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI BAWANG MERAH DI KELURAHAN MATARAN KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

Muhammad Idrus(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan petani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, dan untuk mengetahui usaha tani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang layak (menguntungkan) untuk di usahakan.

Populasi penelitian ini adalah semua petani yang berusaha tani bawang merah pada musim tanam 2012, yang berjumlah 350 orang yang berasal dari tiga lingkungan di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Penarikan sampel dilakukan dengan mengambil secara acak sederhana 10 % dari populasi yang ada sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 35 petani. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi  dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa total penerimaan rata-rata usaha tani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang sebesar Rp. 45.429.143.- dan total biaya rata-rata yang dikeluarkan dalam usaha tani bawang merah sebesar Rp. 14.401.448,-. Adapun pendapatan rata-rata yang diterima oleh petani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang sebesar Rp. 31.027.695,-

Sedangkan hasil R/C Ratio menunjukkan bahwa usaha tani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang memberikan keuntungan sebesar Rp. 3,15 yang artinya bahwa setiap petani bawang merah mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1,- dapat menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 3,15. Dengan demikian, khususnya usaha tani bawang merah di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang  memberikan pendapatan yang sangat menunjang peningkatan taraf hidup bagi petani.

Kata Kunci : Pendapatan Usaha


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1111 times | PDF view : 1441 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.