ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN ANTARA OUTSOURCING DENGAN REKRUITMEN PADA P.T. BANK MANDIRI KANTOR WILAYAH MAKASSAR DI KOTA MAKASSAR

Salma Abdullah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan P.T. Bank Mandiri kantor wilayah Makassar untuk melakukan outsourcing dan rekruitmen security yang diukur dengan rupiah (Rp), serta kinerja karyawan outsorcing dan rekruitmen security diukur  dengan skala Likert. Populasinya yaitu seluruh data gaji dan seluruh karyawan outsourcing dan rekruitmen security yang bekerja pada P.T. Bank Mandiri dan pengambilan sampel sebanyak 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan  teknik dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan rumus, teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hipotesis yang diajukan  yaitu diduga bahwa kinerja karyawan dan biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan menggunakan tenaga outsourcing security lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan merekrut tenaga security sendiri. Dinyatakan diterima karena berdasarkan hasil penyebaran kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan outsourcing dengan rekruitmen security pada P.T. Bank Mandiri kantor wilayah Makassar maka diketahui  bahwa kinerja karyawan outsourcing security lebih baik 71,58 % daripada kinerja karyawan rekruitmen security yaitu sebesar 70,63 %. Nilai  tersebut berada pada interval 50-75 % yang berarti bahwa nilai  berada pada kategori cukup baik.. Hal ini dikarenakan berdasarkan jawaban dari hasil kuesioner responden rata-rata menyatakan setuju, diantaranya terhadap loyalitas karyawan, karir, kepuasan kerja dan komitmen karyawan pada P.T. Bank Mandiri kantor wilayah Makassar. Berdasarkan perhitungan dan perbandingan biaya-biaya antara menggunakan jasa outsourcing atau menggunakan rekruitmen tenaga security, jika menggunakan outsourcing, yaitu sebesar Rp. 34.205.708 untuk 1 tenaga security. Sementara biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan tenaga kerja yang direkrut sendiri (rekruitmen) yaitu sebesar Rp. 38.040.744  untuk 1 tenaga rekruitmen security. Oleh karena itu, terdapat biaya diferensial sebesar Rp. 3.835.036, dimana jika perusahaan menggunakan tenaga kerja outsourcing lebih sedikit biaya dibandingkan jika merekrut tenaga security sendiri.

Kata Kunci : Pengambilan Keputusan Manajemen, Outsourcing dan Rekruitmen


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.