ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN RUTIN KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI SULAWESI SELATAN DI KOTA MAKASSAR

Ismail .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas pengelolaan anggaran rutin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan di kota Makassar selama lima tahun anggaran yaitu tahun anggaran 2008 sampai dengan 2012. Variabel penelitian ini adalah pengelolaan anggaran rutin.

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah keseluruhan data laporan keuangan yang menyangkut penerimaan dan realisasi anggaran rutin KPU Provinsi Sulawesi Selatan, dan sampelnya adalah data dan target realisasi anggaran rutin KPU Provinsi Sulawesi Selatan pada lima tahun terakhir yaitu 2008 sampai dengan 2012. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan antara penerimaan anggaran dengan realisasi kemudian diinterpretasikan ke dalam kategori tingkat efisiensi dan efektifitas tertentu.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan anggaran rutin KPU Provinsi Sulawesi Selatan di Kota Makassar selama lima tahun terakhir yaitu 2008 sampai dengan 2012 tidak efisien dan tidak efektif dalam mengelola anggaran rutinnya walaupun dalam penggunaan anggarannya tidak sama atau tidak melebihi anggaran yang diterima karena masih ada program kegiatan yang belum terlaksana.

Kata Kunci : Pengelolaan Anggaran Rutin


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.