ANALISIS DIVERSIFIKASI PRODUK PADA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS PADA P.T. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA DI KOTA MAKASSAR)

Nurman .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi diversifikasi produk pada P.T. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia di Kota Makassar. Populasi dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh produk yang ditawarkan oleh P.T. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia cabang Makassar. Definisi operasional yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diversifikasi produk adalah suatu usaha perusahaan untuk mengembangkan atau menambah jenis produknya guna melayani pasar yang baru dalam mencapai tujuan perusahaan. Adapun metode pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melihat strategi diversifikasi produk yang dilakukan oleh P.T. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia cabang Makassar, apakah termasuk dalam salah satu strategi ini : Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategy), Strategi Diversifikasi Horizontal (Horizontal Diversification Strategy) dan Strategi Diversifikasi Konglomerat (Conglomerate Diversification Strategy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk yang dilakukan oleh P.T. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia cabang Makassar adalah Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategy). Strategi Diversifikasi Konsentris adalah strategi diversifikasi untuk menambah produk-produk baru yang memiliki strategi atau kaitan teknologi dalam hal pemasaran dengan cara yang sama. Hal ini terlihat dari produk-produk yang ditawarkan yaitu InHealth Managed Care, InHealth Indemnity, InHealth Group Term Life, InHealth Personal Accident dan InHealth Endowment, memiliki sifat yang sama sebagai produk asuransi yang memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang komprehensif (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif).

Kata Kunci : Diversifikasi Produk, Perusahaan Asuransi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4878 times | PDF view : 1489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.