FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT (STUDIKASUS PENGGUNA APLIKASI OVO DI KOTA MAKASSAR)

Nur Afiah(1*), Hajrah Hamzah(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) yang sudah ada dengan penekanan pada faktor-faktor persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi resiko. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Resiko dan satu variabel dependen yaitu Minat Menggunakan Layanan Mobile Payment.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 orang pengguna aplikasi OVO yang ada di Kota Makassar. Metode penetapan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan kemudahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara, yaitu riset lapangan dan riset kepustakaan. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran instrumen penelitian. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen Persepsi Manfaat (X1), Persepsi Kemudahan (X2) dan Persepsi Resiko (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Minat Menggunakan Layanan Mobile Payment (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis atas pengujian masing-masing variable X dan Y, baik pengujian secara parsial (uji-t) maupun pengujian secara simultan (uji f).

Kata Kunci : Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko, Mobile Payment


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 406 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.