PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA P.T. ARDAN MASOGI TBK DI KOTA PARE-PARE

Adrianah Adrianah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi adalah seluruh pelanggan P.T. Ardan Masogi Tbk. di Kota Pare-Pare yang berjumlah 400 orang, karena jumlah populasinya terlalu banyak, maka peneliti melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael diperoleh jumlah sampel sebanyak 196 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui korelasi uji t, uji f dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) secara parsial bauran pemasaran yang terdiri dari :  produk, harga, promosi, distribusi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh signifikan dan hubungannya bersifat positif atau searah perubahannya terhadap volume penjualan pada P.T. Ardan Masogi Tbk. di Kota Pare-Pare; (ii) secara simultan produk, harga, promosi, distribusi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh signifikan dan hubungannya bersifat positif atau searah perubahannya terhadap volume penjualan pada P.T. Ardan Masogi Tbk. di Kota Pare-Pare; (iii) hasil analisis penelitian diperoleh petunjuk bahwa ketujuh dimensi dari variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan secara berturut-turut adalah : produk, harga, bukti fisik, proses, distribusi, orang dan promosi.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Bukti Fisik,

                      Proses dan Volume Penjualan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 590 times | PDF view : 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.