PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA P.T. MATRAMAS MOTOR ALAUDDIN MAKASSAR

Aulia Aulia(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan pada PT. Matramas Motor. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pustaka (Library Research) dan Penelitian Lapang (Field Research). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menjelaskan tentang kegiatan promosi penjualan yang dilakukan pada PT. Matramas Motor dan metode analisis kuantitatif untuk mencari besarnya hubungan antara promosi penjualan dengan hasil penjualan dengan menggunakan analisis korelasi, dimana terlebih dahulu dicari persamaan garis linier sederhana. Hasil perhitungan antara biaya promosi penjualan yang dilakukan dengan hasil penjualan menunjukkan adanya korelasi yang kuat, ini berarti promosi membawa pengaruh yang positif terhadap peningkatan volume penjualan yaitu sebesar 97,61 %. Selain itu diperoleh r2 = 0.9761 artinya bahwa 97,61 % pengaruh biaya promosi terhadap nilai penjualan perusahaan. Atau dapat dikatakan bahwa besarnya nilai penjualan dipengaruhi oleh faktor promosi sebesar 97,61 %, selebihnya 2,39 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan nilai penjualan (Y) bergantung sepenuhnya oleh biaya promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan (X) dan terdapat hubungan positif.

Kata Kunci : Biaya Promosi, Peningkatan Penjualan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.