STRATEGI PEMASARAN DAN KELEMBAGAAN AGRIBISNIS BENIH PADI (Studi Kasus P.T. Sang Hyang Seri Maros)

Mustari Mustari(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Strategi pemasaran (pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, system distribusi dan promosi, 2) Kondisi kelembagaan P.T. Sang Hyang Seri Maros yang meliputi : sumber daya, organisasi dan aturan-aturan berperan terhadap pemasaran benih padi, dan 3) faktor eksternal P.T. Sang Hyang Seri Maros yang berperan dalam strategi pemasaran dan kelembagaan secara umum terhadap benih padi secara khusus. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui strategi pemasaran yang meliputi : (strategi pemilihan pasar, perencanaan produk, sistem distribusi dan promosi) dan kelembagaan agribisnis serta faktor eksternal perusahaan P.T. Sang Hyang Seri Maros adalah analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui strategi penetapan harga benih padi digunakan metode full costing, dimana sebagai dasar perhitungan harga pokok produk dan mark-up. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang meliputi pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi dan promosi P.T. Sang Hyang Seri Maros menentukan penjualan benih padi. Begitu pula kondisi kelembagaan P.T. Sang Hyang Seri Maros berperan terhadap pemasaran benih padi. Sedangkan faktor eksternal perusahaan P.T. Sang Hyang Seri Maros yang meliputi peluang dan ancaman berperan dalam strategi pemasaran dan kelembagaan secara umum terhadap benih padi secara khusus.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kelembagaan Agribisnis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1810 times | PDF view : 907 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.